NORDITROPIN NORDIFLEX

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Hormon > Hormon-hormon Tropik & Preparat Sintetiknya > NORDITROPIN NORDIFLEX

Kandungan

Human somatropin (Rekombinan DNA asli).

Indikasi

Defisiensi hormon pertumbuhan awal pada dewasa dan anak-anak/ growth hormone deficiency (GHD). Pada anak-anak, kegagalan pertumbuhan akibat GHD, kegagalan pertumbuhan pada anak perempuan karena disgenesis gonad (sindrom Turner), retardasi pertumbuhan pada anak prasekolah karena penyakit ginjal kronis & anak kecil yang lahir kecil untuk usia gestasi (SGA), yang gagal menunjukkan pertumbuhan yang setara dengan usianya selama 4 thn.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas Adanya aktivitas tumor. Peningkatan pertumbuhan longitudinal pada anak dengan epifisis terbuka. Penyakit kritis akut yg mengalami komplikasi setelah operasi jantung terbuka, operasi perut, trauma karena kecelakaan beruntun, gagal pernafasan akut atau kondisi serupa. Transplantasi ginjal. Hamil & laktasi.

Perhatian 

Pantau pertumbuhan tangan & kaki pada pasien sindrom Turner. Lakukan evaluasi otologis secara hati-hati pada anak perempuan dengan sindrom Turner. Pantau fungsi ginjal selama perawatan terutama pada pasien dengan penyakit ginjal kronik. Penyakit ganas yg telah ada sebelumnya, leukemia, hipertensi intrakranial jinak, hipotiroidisme, skoliosis, pasien dengan gangguan endokrin & perawakan pendek, gangguan thd toleransi glukosa, DM yg jelas, riwayat obstruksi saluran pernafasan atas, infeksi pernapasan yang tidak teridentifikasi. Lakukan pengujian kadar IGF-1 sebelum memulai pengobatan & lakukan secara teratur setelahnya. Anak dengan sindrom Prader-Willi.

Efek Samping

Edema perifer. Sakit kepala, parestesia; arthralgia, kaku sendi, mialgia. Anak dgn sindrom Turner: Otitis media, otitis eksternal.

Interaksi Obat

Penggunaan bersama dengan glukokortikoid menghambat efek peningkatan pertumbuhan dari somatropin. Somatropin dapat meningkatkan pembersihan protein yang dimetabolisme dengan isoenzim sitokrom P450. Penyesuaian dosis insulin mungkin diperlukan setelah inisiasi dari pengobatan somatropin.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori B: Studi terhadap reproduksi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin tetapi tidak ada studi terkontrol yang dilakukan terhadap wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak dikonfirmasikan dalam studi terkontrol pada wanita pada kehamilan trimester 1 (dan tidak ada bukti risio pada trimester selanjutnya).

Dosis

Dosis individual:

Inj SK Dws Defisiensi GH pd dewasa:

Dosis awal anjuran: 0.1-0.3 mg/hr.

Defisiensi GH sejak masa kanak-kanak:

Dosis anjuran awal:  0.2-0.5 mg/hr.

Anak GHD:

0.025-0.035 mg/kgBB/hr atau 0.7-1 mg/m2 (luas badan)/hr.

Anak dgn sindrom Turner:

0.045-0.067 mg/kgBB/ hr atau 1.3-2 mg/m2 (luas badan) /hr.

Anak dgn penyakit ginjal kronis:

0.05 mg/kgBB/hr atau1.4 mg/m2 (luas badan)/hr.

Anak yang lahir kecil untuk usia gestasi:

0,033-0,067 mg / kgBB / hr atau 1-2 mg / m2 (luas badan) / hr.

Kemasan dan Sediaan

Dus, Norditropin Nordiflex soln for inj 5 mg/1.5 mL

Harga

Rp 2.500.000/dus

Produsen

Novo Nordisk