NIUHUANG QINGXIN WAN (NIU WANG CHING HSIN WAN)

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Herbal > Herbal Peredaran Darah > NIUHUANG QINGXIN WAN (NIU WANG CHING HSIN WAN)

Komposisi

  • Calculus bovis (batu empedu kering sapi)  0,24g
  • Cornu antilopis 0,27g
  • Radix Ginseng 0,3g
  • Radix Sileris 0,18g
  • Colla Asini 0,21g
  • Honey 0,6g
  • Maschus 0,15g
  • Radix Angelicae Sinensis 0,18g
  • Rhizoma Liguisticii Wallichi 0,18g
  • Radix Glycyrrhizae 0,15g
  • Paeoniae alba radix 0,15g
  • Cortex Cinnamomi 0,24g
  • Radix Ophiopogonis 0.15g

Khasiat

Memperlancar peredaran darah, Meredakan demam, Vertigo, Gelisah, Kelainan Saraf Muka, Sulit menggerakan anggota badan, Kejang, Mengeluarkan air Liur yang berlebihan, Menghilangkan panas dalam dengan gejala dada berdebar, pusing, Mata berkunang – kunang dan Menghilangkan reak / dahak akibat batuk, merokok dan minuman beralkohol.

Aturan Pemakaian

Dewasa : Sehari 1 pil (bola) dilarutkan dalam air hangat
Anak-anak : 1/3 pill per hari dilarutkan air hangat

Cara Penyimpanan

Simpan di tempat sejuk dan kering. Jauh dari jangkauan anak.

Kemasan dan Sediaan

Dus, 10 boli @ 3 g

Izin BPOM

TI044413401

Harga

Rp 280.000/dus

Produsen

Henan Shizhen Medicines Products CO LTD

Pendaftar dan Importir

Intra Aries

Sekilas Tentang Ginseng (Panax Ginseng) dan Manfaatnya

Ginseng merupakan salah satu tanaman berkhasiat obat yang telah lama dimanfaatkan di berbagai negara seperti Cina, Korea, Amerika, dan Jepang.

Hampir semua bagian tanaman seperti biji, bunga, daun dan batang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Namun, bagian akar dan umbinya yang paling sering dimanfaatkan. Akar ginseng mengandung berbagai senyawa seperti saponin (panaxosida atau ginsenosida), antioksidan, peptida, polisakarida, asam lemak, glikosida (panaquilon), poliasetilena, pitosterol dan minyak esensial. Selain itu, dalam akar ginseng juga terkandung zat pahit, vitamin B1, dan B2. Zat ginsenosida (triterpenglikosida) berperan dalam memberikan efek adaptogen seperti antistres, antiletih, meningkatkan sistem imun, dan sebagai antioksidan yang kuat.

Sekilas Tentang Akar Manis (Glycyrrhiza Glabra) dan Manfaatnya

Akar manis tumbuh seperti rerumputan (semak) di sebagian wilayah Eropa bagian selatan (Glycyrrhiza glabra). Spesies lainnya yang berasal dari Amerika Utara adalah G. lepidopta dan yang dari Tiongkok adalah G.uralensis, yang terakhir ini banyak dipakai sebagai bahan obat-obatan Cina. Akar manis tumbuh dengan baik di tanah yang dalam, subur, cukup air dan dalam iklim yang penuh cahaya matahari. Biasanya dipanen pada musim gugur 2 atau 3 tahun setelah penanaman. Akar manis juga dikenal dengan sebutan licorice/liquorice.

Ekstrak akar manis didapat dengan cara merebus akar tanamannya dan menguapkan airnya, dapat dijual dalam bentuk bubuk ataupun sirup (cair). Zat yang terkandung di dalamnya adalah glycyrrhizin, yang sangat manis, 50 kali lebih manis daripada gula dan memiliki khasiat pengobatan. Spesies G.uralensis adalah jenis akar manis yang paling banyak mengandung zat ini. Penggunaan : Antitusiv, akar dalam bentuk serbuk sebagai pengisi/pembalut pil, dan campuran obat batuk, menghilangkan bau-bau yang tidak sedap dalam obat-obatan.

Manfaat Madu (Mel Depuratum)

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Madu memiliki beberapa kandungan seperti: fruktosa, glukosa, Maltosa, Sukrosa, Air, Gula paling tinggi, Abu (analisis kimia), dll.

Berikut adalah beberapa manfaat madu:


  1. Antioksidan.

  2. Meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

  3. mengurangi bau badan.

  4. Meredakan bengkak.

  5. Mengobati luka

  6. Mengurangi alergi.

Sekilas Tentang Angelica Sinensis (Ginseng Putri) dan Manfaatnya

Angelica sinensis (ginseng putri) merupakan herba perenial yang memiliki aroma wangi dan rasanya ini memiliki akar tinggal segar berwarna cokelat, yang bercabang-cabang menjadi kumpulan akar-akar kecil liat dan sangat rapat, mirip tanaman gentian. Tanaman ini daunnya menyerupai seledri maka tak heran jika tanaman ini disebut juga dengan Shan Chin (seledri gunung).

Angelica sinensis memiliki efek farmakologi yang bermanfaat untuk Menstimulasi dan mengatur haid, menambah tenaga dan menyegarkan badan, menghilangkan rasa sakit, meredakan rasa nyeri, memulihkan kesehatan dan fungsi-fungsi vital, merangsang selera makan; meningkatkan kesehatan otot, merangsang sistem kekebalan tubuh, haid tidak normal (tidak teratur dan terasa sakit), sindrom pra-haid, sakit kepala, nyeri karena luka trauma atau luka-luka operasi, kelumpuhan, selera makan yang buruk, dan kanker.