NATEGLINIDE

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Endokrin & Metabolik > Obat Antidiabetes > NATEGLINIDE

Indikasi

Terapi untuk Diabetes Mellitus tipe 2 ( non-insulin ) sebagai terapi tunggal atau kombinasi dengan metformin.

Kontra Indikasi

Perhatian

Lanjut usia, kurang gizi, pasien dengan neuropati otonomik dan menggunakan beta-bloker. Infeksi hati, trauma, menjalani operasi.

Interaksi Obat

Kadar puncak dalam plasma akan menurun jika diberikan 10 menit sebelum makan.

Efek Samping

Hipoglikemia, gangguan gastro intestinal ( diare, mual ), infeksi saluran nafas atas, nyeri punggung, gejala flu, pusing, artropati, bronkitis, batuk.

Peringatan

Pemberian insulin pada diabetes melitus yang disertai penyakit lain (seperti infark miokardia, koma infeksi dan trauma) dan selama pembedahan (hentikan nateglinid pada pembedahan pagi hari dan diberikan kembali setelah makan dan minum normal), lanjut usia, pasien lemah dan tidak berdaya, gangguan fungsi hati sedang (hindari jika berat

Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil

Kategori C: Penelitian pada hewan menunjukkan efek samping pada janin ( teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan belum ada penelitian yang terkendali pada wanita atau penelitian pada wanita dan hewan belum tersedia. Obat seharusnya diberikan bila hanya keuntungan potensial memberikan alasan terhadap bahaya potensial pada janin.

Sediaan

Tablet Salut Selaput 120 mg x 7 x 12’s.

Dosis

3 x sehari 120 mg sebelum makan.

Nama Brand

Starlix