Myco-Z

Pengertian 

Myco-Z adalah obat yang memiliki kandungan berupa nystatin dan zinc oxide. Obat ini berfungsi untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit, seperti ruam popok dan lesi-lesi kulit lainnya.

Infeksi jamur pada kulit biasanya disebabkan oleh jamur Candida albicans. Umumnya, gejala yang ditunjukkan saat seseorang mengalami kondisi ini adalah bercak-bercak putih pada kulit disertai peradangan. Infeksi kulit ini dapat diatasi dengan beberapa obat untuk infeksi jamur di kulit, salah satunya Myco-Z.

Kandungan nystatin bekerja dengan cara membuat lubang di membran sel jamur yang kemudian akan membunuh jamur dan mengobati infeksi. Sedangkan, zinc oxide bekerja dengan cara membentuk pelindung pada kulit sehingga mencegah iritasi dan kelembapan.

Myco-Z bisa digunakan pada orang dewasa ataupun anak-anak. Berikut informasi lengkap terkait obat Myco-Z, mulai dari golongan obat hingga harganya.

Keterangan 

Myco-Z Salep

  • Golongan: Obat keras
  • Kelas terapi: Antijamur
  • Kandungan Myco-Z: Nystatin 10.000 IU/ml, zinc oxide 200 mg
  • Kemasan: Dus, tube @10 gram
  • Produksi: Taisho Pharmaceutical Indonesia
  • Harga: Rp81.000–Rp119.000/tube

Kegunaan 

Myco-Z digunakan untuk membantu mengobati kandidiasis (infeksi jamur yang disebabkan oleh jenis jamur candida) pada kulit.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Myco-Z?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Myco-Z:

dan Aturan Pakai 

Myco-Z merupakan obat keras yang harus menggunakan resep dokter. Secara umum, dosis dan aturan penggunaan Myco-Z adalah sebagai berikut:

Tujuan: mengatasi infeksi jamur (Candidiasis) di kulit


Bagaimana Kemasan dan Sediaan Myco-Z?


 
salep

Dewasa dan Anak-anak: Oleskan tipis-tipis di kulit yang terinfeksi 2–4 kali sehari.

Cara Menggunakan 

  • Ikuti petunjuk pada kemasan obat Myco-Z atau petunjuk dari dokter sebelum menggunakan obat
  • Untuk sediaan salep, cuci tangan terlebih dahulu sebelum pemakaian
  • Oleskan tipis-tipis pada kulit yang terinfeksi
  • Jika kamu lupa menggunakan obat, jangan menggandakan dosis selanjutnya. Segera gunakan obat ini bila mendekati jadwal berikutnya. Abaikan dosis yang terlewat

Bagaimana Cara Penyimpanan Myco-Z?

Simpan salep Myco-Z pada suhu 20–25 derajat Celcius, hindarkan dari paparan sinar matahari, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Myco-Z Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Myco-Z, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Myco-Z?

Jika Anda lupa menggunakan Myco-Z, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Myco-Z Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Myco-Z?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Myco-Z yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Apa Efek Samping Myco-Z?

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Myco-Z yang mungkin terjadi adalah:

 

Efek samping yang dapat timbul apabila mengonsumsi Myco-Z, yaitu:

  • Iritasi mulut
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Nyeri lambung
  • Wajah membengkak
  • Ruam kulit
  • Takikardia
  • Urtikaria

Overdosis

Penggunaan dosis berlebihan akan meningkatkan atau memperburuk risiko efek samping.

Segera pergi ke pelayanan medis terdekat apabila terjadi perburukan efek samping atau efek samping tidak kunjung membaik. Penanganan kegawatdaruratan hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis profesional.

Apa Saja Kontraindikasi Myco-Z?

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Myco-Z dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

Sebaiknya, Myco-Z salep tidak digunakan pada pasien dengan riwayat alergi atau hipersensitif terhadap nystatin dan zinc oxide.

Apa Saja Interaksi Obat Myco-Z?

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Myco-Z antara lain:

Menurunkan efektivitas probiotik Saccharomyces boulardii dalam mengobati diare.

Apa saja Peringatan dan Perhatian Penggunaan Myco-Z?

  • Sebaiknya, kamu tidak menggunakan obat dengan kandungan nystatin dan zinc oxide apabila memiliki riwayat alergi terhadap obat ini
  • Informasikan dokter apabila kamu memiliki riwayat penyakit hati, penyakit ginjal, diabetes, dan HIV/AIDS
  • Beri tahu dokter jika kamu sedang menggunakan obat-obatan lain, termasuk suplemen dan produk herbal
  • Hubungi dokter jika kamu mengalami reaksi alergi obat, overdosis, atau efek samping yang serius setelah menggunakan nystatin dan zinc oxide
  • Informasikan dokter jika kamu sedang hamil, menyusui, atau dalam program kehamilan

Bagaimana Kategori Keamanan Penggunaan Myco-Z Pada Wanita Hamil?

Kategori keamanan penggunaan obat untuk wanita hamil atau pregnancy category merupakan suatu kategori mengenai tingkat keamanan obat untuk digunakan selama periode kehamilan apakah memengaruhi janin atau tidak. Kategori ini tidak termasuk tingkat keamanan obat untuk digunakan oleh wanita menyusui.

FDA (Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan tingkat keamanan obat untuk wanita hamil menjadi 6 (enam) kategori yaitu A, B, C, D, X, dan N. Anda bisa membaca definisi dari setiap kategori tersebut di sini. Berikut ini kategori tingkat keamanan penggunaan Myco-Z untuk digunakan oleh wanita hamil:

 

Kategori C. Studi pada hewan percobaan memperlihatkan adanya efek buruk terhadap janin, namun belum ada studi yang memadai pada wanita hamil.

Peringatan Kehamilan 

Obat hanya dapat digunakan jika manfaat yang diharapkan melebihi risiko terhadap janin. Informasikan dokter jika kamu akan mengonsumsi obat ini saat hamil dan menyusui.

Peringatan Menyusui

Sampai saat ini, belum diketahui apakah nystatin dan zinc oxide terserap ke dalam ASI atau tidak. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.