Mileva

Farmasi-id.com > Kontrasepsi > Kontrasepsi Oral > Mileva

By | 27/08/2017

Kandungan dan Komposisi Mileva

Levonorgestrel 0.1 mg, ethinylestradiol 0.02 mg.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Mencegah kehamilan.

Dosis dan Aturan Pakai

1 tab setiap hari pada waktu yang sama setiap hari, dengan interval tidak lebih dari 24 jam selama 21 hari berturut-turut, dimulai pada hari pertama menstruasi, diikuti 7 hari bebas tab.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas. Riwayat atau gangguan DVT, tromboflebitis atau tromboemboli ; Valvulopati trombogenik atau gangguan irama trombogenik. Predisposisi herediter atau didapat untuk trombosis vena atau arterial. Cerebrovascular atau CAD. Adenoma hepatik atau karsinoma, ikterus kolestatik pada kehamilan, ikterus dengan penggunaan kontrasepsi oral kombinasi atau penyakit hati aktif. Diketahui atau diduga adanya karsinoma payudara atau diketahui lain atau dugaan estrogen-dependent neoplasia. Diabetes dengan keterlibatan vaskular. Sakit kepala disertai gejala neurologis fokal (misalnya aura) termasuk migrain hemiplegia. Hipertensi yang tidak terkontrol. Perdarahan vaginal yang tidak terdiagnosis. Pankreatitis yang berkaitan dengan hipertrigliseridaemia berat. Diketahui atau diduga hamil.

Perhatian

Gangguan tromboemboli, trombosis arteri & vena & tromboemboli. Karsinoma organ reproduksi. Lesi okuler, tekanan darah tinggi, migrain/sakit kepala, angioedema, pendarahan genital. Hamil & laktasi. Anak

Efek Samping

Sakit kepala, termasuk migrain, gugup, pusing. Metrorrhagia, nyeri payudara, perlunakan, pembesaran, sekresi, dismenore, perubahan pada aliran menstrual & ektropion serviks & sekresi, amenore. Vaginitis, termasuk kandidiasis. Mual, muntah, sakit perut. Perubahan mood, termasuk depresi, perubahan libido. Jerawat. Retensi cairan / edema. Perubahan berat badan.

Interaksi

Dapat menurunkan kadar serum etinilestradiol dengan rifampisin, fenitoin, primidon, rifabutin, deksametason, griseofulvin, topiramate, beberapa protease inhibitor, modafinil, ritonavir & barbiturat. Dapat mengurangi khasiat kontrasepsi oral dengan St. John wort, ampisilin, penisilin dan tetrasiklin lainnya. Dapat meningkatkan konsentrasi serum ethinylestradiol dgn atorvastatin, inhibitor asam askorbat & parasetamol & CYP450 (misalnya itrakonazol, flukonazol & indinavir). Peningkatan siklosporin, teofilin, kortikosteroid atau penurunan konsentrasi plasma lamotrigin & jaringan.

Keamanan penggunaan Pada Wanita Hamil

X: Studi pada binatang percobaan atau manusia telah memperlihatkan adanya kelainan pada janin atau ada bukti risiko pada janin berdasarkan pengalaman pada manusia ataupun keduanya, dan risiko penggunaan obat pada wanita hamil jelas-jelas melebihi manfaat yang mungkin diperoleh. Obat dikontraindikasikan bagi wanita yang sedang atau memiliki kemungkinan untuk hamil.

Kemasan dan Sediaan

Dus, 1 blister @ 21 tablet salut selaput,  0,1/0,02 mg

Izin BPOM

DKI1638100217A1

Produsen

Laboratorios Leon Farma S.A – Spain

Importir

Menarini Indria Laboratories