Mexaquin

Farmasi-id.com > Antiinfeksi (Sistemik) > Antimalaria > Mexaquin

By | 18/02/2015

POM SD. No : DTL7613003410A1

Komposisi
Chloroquine 250 mg (setara dengan Klorkina base 150 mg)
Aturan pakaiUntuk Pengobatan:

Anak-anak 1- 4 tahun :

Pertama-tama1 tablet , 6 – 8 jam kemudian 1/2 tablet . Lalu 1/2 tablet seharinya pada kedua hari berikutnya.

Anak-anak 5 – 8 tahun :

Pertama-tama 2 tablet , 6 – 8 jam kemudian 1 tablet . Lalu 1 tablet seharinya pada kedua hari berikutnya.

Anak-anak 9 – 12 tahun :

Pertama-tama 3 tablet , 6 – 8 jam kemudian 11/2 tablet .

Lalu 11/2 tablet seharinya pada kedua hari berikutnya.

Dewasa dan 13 tahun keatas :

Pertama-tama 4 tablet , 6 – 8 jam kemudian 2 tablet .

Lalu 2 tablet seharinya pada kedua hari berikutnya.

Untuk Pencegahan:

Anak-anak 1 – 4 tahun  : setiap minggu 1/2 tablet

Anak-anak 5 – 8 tahun  : setiap minggu 1 tablet

Anak-anak 9 – 12 tahun : setiap minggu 11/2 tablet

Dewasa dan 13 tahun keatas : setiap minggu 2 tablet

Indikasi
Pengobatan untuk semua jenis penyakit malaria.
Cara penyimpanan
Simpan pada suhu kamar.
Kontra IndikasiPenderita dengan keluhan saluran cerna, saraf, kelainan darah berat, kehamilan, perubahan retina/visual dan penderita yang peka terhadap 4 aminokinolina.
Peringatan dan PerhatianPemakaian lama dosis tinggi dapat menimbulkan kerusakan retina, maka perlu pemeriksaan okuler pada awal dan periodik. Hati-hati pada penderita gangguan hati dan wanita hamil.
Efek SampingPusing, gangguan penglihatan dan pencernaan pada pemakaian jangka panjang, yang akan hilang jika pengobatan dihentikan.
Sekilas Tentang Malaria
Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dari manusia dan hewan lain yang disebabkan oleh protozoa parasit (sekelompok mikroorganisme bersel tunggal) dalam tipe Plasmodium. Malaria menyebabkan gejala yang biasanya termasuk demam, kelelahan, muntah, dan sakit kepala. Dalam kasus yang parah dapat menyebabkan kulit kuning, kejang, koma, atau kematian. Gejala biasanya muncul sepuluh sampai lima belas hari setelah digigit. Jika tidak diobati, penyakit mungkin kambuh beberapa bulan kemudian. Pada mereka yang baru selamat dari infeksi, infeksi ulang biasanya menyebabkan gejala ringan. resistensi parsial ini menghilang selama beberapa bulan hingga beberapa tahun jika orang tersebut tidak terpapar terus-menerus dengan malaria.

Penyakit ini paling sering ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi. Gigitan nyamuk memasukkan parasit dari air liur nyamuk ke dalam darah seseorang. Parasit bergerak ke hati di mana mereka dewasa dan bereproduksi. Lima spesies Plasmodium dapat menginfeksi dan disebarkan oleh manusia. Sebagian besar kematian disebabkan oleh P. falciparum karena P. vivax, P. ovale, and P. malariae umumnya menyebabkan bentuk yang lebih ringan dari malaria. Spesies P. knowlesi jarang menyebabkan penyakit pada manusia. Malaria biasanya didiagnosis dengan pemeriksaan mikroskopis darah menggunakan film darah, atau dengan uji diagnostik cepat berdasarkan-antigen. Metode yang menggunakan reaksi berantai polimerase untuk mendeteksi DNA parasit telah dikembangkan, tetapi tidak banyak digunakan di daerah di mana malaria umum karena biaya dan kompleksitasnya.

Antimalaria adalah zat yang digunakan untuk mematikan parasit malaria.
Sekilas Tentang Konimex
PT. Konimex adalah suatu perusahaan farmasi yang didirikan oleh Djoenaedi Joesoef (Djoe Djioe Liang) pada 8 Juni 1967 di kota Solo, Jawa Tengah. Djoenaedi Joesoef adalah anak ke-4 dari 7 bersaudara dimana orang tuanya adalah pemilik dari toko obat tradisional Cina Eng Thay Hoo yang juga memiliki kemampuan untuk mengobati orang sakit.

Nama konimek merupakan kependekan dari "Kondang Import Export". Menurut pendirinya, nama itu adalah suatu harapan agar produk perusahaan ini bisa "kondang" atau "terkenal" di mana-mana. Awalnya perusahaan ini berfokus pada usaha penjualan produk obat, bahan kimia, alat laboratorium, dan alat kedokteran. Pada 1971 PT. Konimex memperoleh dukungan fasilitas PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri).

Perusahaan ini memproduksi banyak jenis produk yang menurut pendirinya berpegang pada falsafah 3MU yaitu Mutu, Mudah, dan Murah. Produknya meliputi produk obat resep, obat OTC, vitamin, suplemen, permen, herbal, makanan ringan, minyak telon dan kayu putih, dan masih banyak lagi. Produk yang dihasilkan seperti Paramex, Konidin, Konicare, Inzana, Feminax, Zeropain, Siladex, Fungiderm, Braito, Renofit, Konilife, permen Hexos, Nano Nano, dan masih banyak lagi. Perusahaan ini cukup aktif mengiklankan produknya di televisi, radio, dan media cetak.

Fasilitas produksi PT. Konimex berlokasi di desa Sanggrahan, kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Produk perusahaan ini telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, negara Asia Tenggara, dan negara Timur Tengah. Untuk pemasarannya, perusahan ini mendirikan dua perusahaan distributor yakni PT. Sinar Intermark dan PT. Marga Nusantara.