Metastasis Kanker Prostat, Pengobatan dan Angka Harapan Hidupnya

Apa Itu Prostat?

Prostat adalah organ berbentuk kenari kecil yang berada di antara kandung kemih dan rektum pada pria. Selama ejakulasi, sel sperma bergerak dari testis melalui vesikula seminalis ke kelenjar prostat. Prostat mengeluarkan cairan khusus yang membantu sel sperma bertahan. Kombinasi cairan dan sel sperma ini dikenal sebagai semen, dan keluar dari tubuh melalui uretra.

Apa Itu Metastasis Kanker Prostat?

Pada banyak kasus, kanker prostat berkembang dengan sangat lambat, dan banyak pria yang tidak mengetahui bahwa mereka terkena kanker prostat karena memang perkembangannya sangat lambat. Namun bahayanya jika terjadi metastasis dimana kanker prostat menyebar ke organ-organ lainnya keluar dari tempat asalnya.

Ada dua tipe metastasis kanker prostat:

  1. Metastasis Lokal (Local Metastasis):
    Kanker prostat dengan metastasis lokal berarti kanker menyebar pada organ lain yang ada di dalam panggul. Biasanya menuju ke kelenjar getah bening lokal, namun juga bisa organ atau struktur lain di daerah panggul
  2. Distant Metastasis
    Distant metastasis berati kanker prostat menyebar lebih jauh keluar panggul. Tulang, tulang belakang, otak, hati, paru-paru merupakan tempat yang paling sering terjadi metastasis kanker

Gejala Kanker Prostat

Berikut adalah beberapa gejala kanker prostat yang sering terjadi:

  • Urgensi urin (keinginan kuat untuk berkemih dan sulit ditahan)
  • Kesulitan memulai atau menghentikan buang air kecil
  • Aliran urin yang lemah atau terganggu
  • Rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil
  • Disfungsi ereksi
  • Ejakulasi yang menyakitkan
  • Darah dalam urin atau air mani

Siapa saja yang mengalami gejala seperti di atas harus berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin karena banyak kemungkinan lain yang juga bergejala sama seperti di atas. Penting untuk memastikan itu kanker prostat atau bukan.

Pada orang yang didiagnosa terkena kanker prostat, tanta-tAnda metastasis akan sangat tergantung pada di mana kanker menyebar dan seberapa cepat pertumbuhannya.

Sebagai contoh, orang yang mengidap kanker prostat dan sudah terjadi metastasis lokal yang menyebar ke kelenjar getah bening mungkin tidak merasakan gejala yang baru selain gejala di atas. Namun pada orang yang metastasisnya sudah menuju ke tulang, maka ia akan mengalami nyeri atau rasa sakit pada tulang. Gejala lainnya yang bisa muncul seperti:

  • Fatigue
  • Kurang enak badan
  • Kurang nafsu makan
  • Penurunan berat badan
  • Bengkak di kaki

Komplikasi

Kanker prostat yang sudah lanjut dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya bergantung pada persebaran kanker dan seberapa cepat ia menyebar. Berikut adalah komplikasi yang bisa terjadi:

  • Masalah Perkemihan:
    Kanker yang tumbuh dapat menekan kandung kemih, uretra, maupun organ panggul lainnya. Kanker prostat juga dapat menyebar pada organ-organ tersebut dan menyebabkan retensi urin, urin bercampur darah, inkontinensia, dan beser
  • Masalah Usus:
    Kanker prostat dapat menyebabkan masalah pada usus seperti konstipasi, diare, urgensi, obstruksi, dan inkontinensia. Hal ini sering disebabkan oleh penggunaan obat pereda nyeri atau persebaran kanker prostat pada usus atau rektum. Perubahan pola makan, dehidrasi, dan kurang gerak juga bisa menyebabkan masalah usus
  • Masalah Seksual:
    Tidak jarang pria yang terkena kanker prostat stadium lanjut mengalami kesulitan untuk ereksi dan mempertahankannya. Beberapa pria mengalami penurunan libido atau ketidakmampuan untuk ejakulasi
  • Nyeri Tulang atau Patah Tulang:
    Kanker prostat yang menyebar ke tulang dapat secara signifikan menyebabkan nyeri tulang. Ia juga dapat membuat tulang menjadi lemah dan membuatnya rentan patah
  • Hiperkalemia:
    Kalsium yang disimpan dalam tulang dapat keluar menuju ke darah jika kanker prostat menyebar ke tulang. Tingginya tingkat kalsium dalam darah dapat menyebabkan fatigue, meningkatkan rasa haus, buang air kecil, mual, muntah, sembelit, dan kehilangan nafsu makan
  • Anemia:
    Anemia berarti penurunan jumlah sel darah merah yang tersedia untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. hal ini dapat menyebabkan fatigue, sesak napas, dan pucat. Biasanya anemia ini juga bisa disebabkan oleh kanker yang telah menyebar ke sumsum tulang tapi juga bisa disebabkan oleh efek samping dari penggunaan obat terapi kanker
  • Lymphedema:
    Kanker prostat yang telah menyebar ke kelenjar getah bening dapat menyebabkan penyumbatan di dalam pembuluh darah yang mengangkut getah bening ke seluruh tubuh. Hal ini bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki atau skrotum

Perawatan

Ada banyak tipe perawatan yang tersedia untuk kanker prostat stadium lanjut. Dokter atau Onkologis akan mengembangkan rencana perawatan yang diperlukan dengan mempertimbangkan banyak hal seperti gejala, prognosis, tujuan pengobatan, usia, dan kesehatan individu pasien.

  • Terapi Hormon
    Terapi hormon untuk kanker prostat stadium lanjut akan menghentikan produksi hormon seksual pria. Ini dapat membantu mencegah kanker untuk tumbuh. Obat obatan seperti abiraterone (Zytiga) dan enzalutamide (Xtandi) umum digunakan
  • Kemoterapi
    Kemoterapi merupakan tipe pengobatan yang menghancurkan sel kanker atau mencegahnya untuk menggAndakan diri. Orang yang melakukan kemoterapi kanker prostat biasanya karena kanker sudah tidak merespon terapi hormon. Kemoterapi biasanya merupakan kombinasi dari dua atau lebih obat yang diberikan secara intravena, suntik, maupun pil
  • Imunoterapi
    Imunoterapi merupakan tipe pengobatan yang memodifikasi sistem imunitas tubuh untuk menemukan dan menghancurkan sel kanker. Terapi untuk kanker prostat yang menyebar ke tulang termasuk dengan menggunakan obat seperti zoledronic acid (Zometa) dan denosumab (Xgeva). terapi untuk kanker prostat dengan metastasis lokal mungkin juga dilakukan dengan terapi radiasi


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Metastasis Kanker Prostat, Pengobatan dan Angka Harapan Hidupnya Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Metastasis Kanker Prostat, Pengobatan dan Angka Harapan Hidupnya, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Metastasis Kanker Prostat, Pengobatan dan Angka Harapan Hidupnya?

Jika Anda lupa menggunakan Metastasis Kanker Prostat, Pengobatan dan Angka Harapan Hidupnya, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Metastasis Kanker Prostat, Pengobatan dan Angka Harapan Hidupnya Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Metastasis Kanker Prostat, Pengobatan dan Angka Harapan Hidupnya?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Metastasis Kanker Prostat, Pengobatan dan Angka Harapan Hidupnya yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Apa Efek Samping Metastasis Kanker Prostat, Pengobatan dan Angka Harapan Hidupnya?

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Metastasis Kanker Prostat, Pengobatan dan Angka Harapan Hidupnya yang mungkin terjadi adalah:

Terapi Pengobatan Kanker Prostat

Beberapa efek samping bisa terjadi selama menjalani terapi kanker prostat seperti:

  • Infertilitas
  • Inkontinensia urin
  • Retensi urin
  • Diare
  • Disfungsi ereksi
  • Rasa sakit
  • Fatigue
  • Rambut rontok
  • Kehilangan selera makan
  • Mual dan muntah

Untungnya banyak obat-obatan tersedia untuk mengetasi efek samping akibat terapi kanker prostat. Konsultasikan dengan dokter bila terjadi efek samping tersebut.

Prognosis

Prognosis untuk kanker prostat stadium lanjut bergantung dari persebaran kanker dan sebarapa agresif pertumbuhannya. Menurut American Cancer Society, tingkat keselamatan pasien kanker sebagai berikut:

  • Kanker prostat lokal tanpa persebaran punya tingkat ketahanan hidup 5 tahun mendekati 100 persen
  • Kanker prostat dengan penyebaran lokal memiliki tingkat ketahanan hidup 5 tahun mendekati 100 persen
  • Kanker prostat dengan distant metastasis tingkat ketahanan hidup 5 tahun sekitar 29 persen

Statistik di atas adalah statistik secara umum, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter tentang kanker prostat yang diderita.

Jika kanker prostat dapat didiagnosa sedini mungkin sebelum terjadinya penyebaran atau hanya menyebar ke struktur terdekatnya, tingkat keselamatannya akan lebih baik. Melakukan screening rutin dan diagnosa awal sangat penting untuk melawan kanker prostat. Pria yang berusia lebih dari 50 perlu berkonsultasi pada dokter untuk memilih metode screening yang paling tepat untuk mereka.


Daftar Pustaka:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/320120.php

Leave a Comment