Mengenal Tanaman Kaca Piring Plus Khasiatnya

FARMASI-ID.COM > Herbal > Mengenal Tanaman Kaca Piring Plus Khasiatnya

Kaca Piring atau dalam bahas latinnya Gardenia augusta. Tanaman ini berjenis semak berumur tahunan seta banyak memilki cabang, ranting maupun daun yang lebat. Kaca piring mudah tumbuh di sembarang tempat, baik daerah dingin maupun panas. Namun, tumbuhan ini lebih cocok di daerah pegunungan atau lokasi yang tingginya lebih dari 400 meter diatas permukaan air laut. Bunganya berukuran berkisar 1-2 meter.

Mengenal Tanaman Kaca Piring Plus Khasiatnya
Gambar : Herbal Kaca Piring ( Gardenia augusta )

Bunganya indah sangat mirip dengan bunga mawar putih dengan tajuk-tajuk melingkar dan bersusun membentuk satu kesatuan yang anggun. Daunnya berbentuk oval, tebal, licin dan mengkilap pada permukaan telapak dan bagian atasnya. karena keharuman bunganya, kaca piring mempunyai nilai komersial untuk dibuat minyak wangi atau parfum. Sedang pengembangbiakan tanaman ini dapat dilakukan dengan cara stek.

Kandungan kimia : Minyak Atsiri ( linalool dan styrolyl ) dan bagian yang umumnya dipergunakan adalah daun hingga bijinya.

Khasiat umum dari herbal kaca piring diantaranya adalah sebagai obat sariawan, mengurangi demam, dan mengatasi sembelit.

Cara Pemakaian Tanaman Kaca Piring :

  1. Sariawan : 7 lembar daun kaca piring, 2 sendok makan madu, dan 1 potong gula aren. Daun kaca piring diremas-remas dan ditambahkan dengan 1 cangkir air dan disaring. Kemudian dicampulur dengan madu dan gula aren tersebut dan diaduk sampai merata benar. lalu diminum dan diulangi setiap dua hari sekali.
  2. Demam : 7 lembar daun kaca piring dan 1 potong gula batu. Daun kaca piring diremas-remas dengan satu gelas air dan disaring.  Kemudian dicampulur dengan gula batu dan diaduk sampai merata. Lalu diminum.
  3. Sembelit ( Sukar BAB ) : 3 biji kaca piring direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih biarkan sampai tinggal 1 gelas. Lalu diminum.


Powered by Farmasi-id.com