Mengenal Antibiotik Alami Ginkgo Semen (Bai Guo)

By | Mei 24, 2022 |

Mengenal Antibiotik Alami Ginkgo Semen (Bai Guo) – Tanaman ini tidak memiliki nama Indonesia, dalam bahasa Cina disebut Bai Guo. Ginkgo biloba merupakan spesies tunggal dari salah satu divisi anggota tumbuhan berbiji terbuka yang pernah tersebar luas di dunia. Pada masa sekarang ini, tumbuhan ini hanya diketahui tumbuh liar di Asia Timur Laut, namun telah tersebar luas di berbagai tempat beriklim sedang lainnya sebagai pohon penghias taman atau pekarangan. Pemanfaatanyya sebenarnya telah dilakukan sejak zaman purba, yaitu untuk tanaman hias dan pengobatan.

align=”center” cellpadding=”0″ cellspacing=”0″>

Gambar : Herbs Bai Guo

Rasa dari herbal ini manis dan pahit, bersuhu netral. Kandungan dan senyawa kimia yang terdapat didalam tanaman herbal ini adalah bilobol dan ginkgo flavoglikosida.

Target organ dari tanaman ini adalah bagian paru-paru dan ginjal. Berkhasiat mengobati: suara gemeretak didada, mengi, batuk berdahak, batuk kronis, dahak berlebihan, memperkuat paru-paru, urine keruh, kencing dribbling, inkontinensia, spermatorrhoe kemih, dan dribbling.

Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah biji yang telah dikeringkan. Dosis pemberian 3-9 gram, standar 3 gram. Dimasak lebih kurang 20 menit.

Efek farmakologi, secara in vitro terbukti memiliki efek antibiotik, antimycotic, efek brochodilator, kontraksi rahim, mengurangi tekanan darah, meningkatkan sirkulasi ke otak dan anggota tubuh dan digunakan untuk mengobati insufisiensi serebrovaskuler dengan tinnitus, vertigo, sakit kepala, kehilangan memori, dan kesulitan dalam konsentrasi.

Sedikit beracun, ramuan tidak boleh digunakan dalam waktu lama atau dosis tinggi, peneringan dapat mengurangi racun. Tanda-tanda keracunan termasuk sakit kepala, demam, tremor, iritabilitas, dyspnoe, dan iritasi kulit dan membran mukosa, beberapa pasien menjadi sensitif terhadap cahaya dan suara, kejang dan depresi pernapasan. Rebusan Glycyrrhizae (gan cao) radix sebanyak 60 gram dapat digunakan sebagai penangkal efek keracunan. Biji mentah sangat baik untuk mengobati dahak, ramuan panggang digunakan untuk mengobati mengi, batuk serta inkontinensia. Penggunaan selama kehamilan harus berhati-hati.
Sumber Gambar : chinese.herbs.webs-sg.com


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.