Mefurosan

By | November 27, 2020 |

MEFUROSAN®
Mometasone Furoate
Krim

Tiap gram mengandung:
Mometason Furoat Anhidrat………………………… 1 mg

FARMAKOLOGI
MEFUROSAN® krim adalah kortikosteroid sintetik dengan aktivitas anti-inflamasi. Seperti kortikosteroid lain, Mometason Furoat bekerja dengan menginduksi protein penghambat fosfolipase A2 yang disebut dengan lipokortin. Lipokortin bekerja menghambat pelepasan asam arakidonat yang merupakan prekursor dari mediator inflamasi seperti prostaglandin dan leukotrien.

Indikasi
Untuk meringankan manifestasi inflamasi dan pruritus dari dermatosis yang responsif terhadap kortikosteroid seperti psoriasis dan dermatitis atopik.

KONTRA-Indikasi

  • Hipersensitivitas terhadap komponen obat ini
  • Facial rosacea, acne vulgaris (jerawat), perioral dermatitis, pruritus perianal dan genital, napkin eruptions, infeksi bakteri (misal impetigo), infeksi virus (misal herpes simpleks, herpes zoster dan chickenpox) dan infeksi jamur (misal Candida atau dermatofit), varisela, tuberkulosis, sifilis atau reaksi-reaksi pasca imunisasi

Efek Samping
Rasa terbakar, atrofi kulit, rasa menyengat, iritasi, kekeringan pada kulit, folikulitis, hipertrikosis, erupsi akneiformis, hipopigmentasi. dermatitis perioral, infeksi sekunder, stria, miliaria.

Perhatian

  • Absorpsi sistemik dan kortikosteroid topikal dapat menyebabkan penekanan aksis hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA) yang bersifat sementara. Bila terjadi, kurangi frekuensi pemakaian atau ganti dengan kortikosteroid lain yang kurang potensial
  • Bila terjadi infeksi kulit, gunakan antijamur atau antibiotika yang sesuai
  • Jangan tutupi bagian kulit yang diobati dengan perban
  • Tidak dianjurkan penggunaan pada wajah, ketiak, atau lipatan paha kecuali atas petunjuk dokter
  • Seperti kortikosteroid lain, hentikan pengobatan segera setelah ada perbaikan. Bila lebih dari 2 minggu tidak ada perbaikan, hubungi dokter
  • Hindari kontak dengan mata
  • Tidak dianjurkan penggunaan untuk anak-anak di bawah 2 tahun

Dosis
Dewasa dan anak-anak › 2 tahun: oleskan lapisan tipis MEFUROSAN® krim pada bagian yang sakit sekali sehari.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Kemasan
Tube dengan berat bersih 10 g
No. Reg.; DKL0422239429A1

PENYIMPANAN
Simpan di tempot sejuk (15°- 25°C) dan kering.

Dibuat oleh:
PT SANBE FARMA
Bandung – Indonesia

Sanbe Farma merupakan suatu perusahaan farmasi Indonesia yang didirikan pada 28 Juni 1975 oleh Drs. Jahja Santoso, Apt yang merupakan seorang apoteker lulusan ITB yang berhasil lulus dengan predikat cum laude. Awalnya Sanbe Farma hanyalah sebuah industri rumahan yang memproduksi kapsul Colsancetine. Kemudian seiring dengan meningkatnya kebutuhan produksi, pada 1980 perusahaan ini memindahkan lokasinya ke tempat yang lebih luas yaitu di Cimahi dan di tempat itu perusahaan ini mendirikan fasilitas produksi berbagai jenis obat.

Selanjutnya pada 1992, Sanbe Farma mulai memproduksi obat-obatan bebas atau OTC. Pada 1996 perusahaan ini kembali memperluas area industrinya untuk memenuhi kebutuhan produksi yang semakin besar diantaranya untuk memproduksi produk betalaktam, sefalosporin, injeksi, tetes mata, sediaan steril, serbuk injeksi, dan lain-lain. Sanbe Farma telah mengantongi lebih kurang 43 sertifikat CPOB dari berbagai negara. Perusahaan ini memiliki produk yang telah dipasarkan di lebih kurang 20 negara. Berdasarkan informasi, perusahaan ini menepati urutan ke-4 sebagai perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Sanbe Farma juga memiliki beberapa anak perusahaan yang juga bergerak dibidang farmasi dan produk kesehatan seperti PT Caprifarmindo Laboratories dan PT Bina San Prima .

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Category: Kulit Produsen, komposisi, dan klasifikasi Mefurosan:
Tags: