Magasida Obat Asam Lambung

By | Mei 6, 2021 |

MAGASIDA

Al(OH)₃ – Mg(OH)₂ – SIMETHICONE

ANTASIDA – ANTIFLANTULEN – DEMULGEN

Magasida Obat mag

 

 

Kandungan dan Komposisi Magasida Obat Asam Lambung

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Magasida Obat Asam Lambung adalah:

Tiap tablet atau @5 ml suspensi mengandung :
Aluminium – Magnesium Hidroksida Gel Kering setara dengan :
Aluminium Hidroksida          : 200 mg
Magnesium Hidroksida        : 200 mg
Simetikon                            : 50 mg

Cara Kerja Obat

Kombinasi Aluminium Hidroksida dan Magnesium Hidroksida merupakan antasid yang bekerja menetralkan asam lambung dan menginaktifkan  pepsin, sehingga nyeri ulu hati akibat iritasi oleh asam lambung dan pepsin berkurang. Disampuling itu efek laksatif dan magnesium hodroksida akan mengurangi efek konstipasi dari aluminium  hidroksida. Simetikon menghilangkan gelembung-gelembung  gas dalam saluran cerna yang menyebabkan rasa kembung berkurang.

Indikasi

Untuk mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung, gastritis, tukak lambung, tukak usus 12 jari, dengan gejala-gejala seperti mual, nyeri lambung, nyeri uluhati, kembung dan perasaan penuh pada lambung.

Kontra Indikasi

Jangan diberikan pada penderita gangguan fungsi ginjal yang berat, karena dapat menimbulkan hipermagnesia ( kadar magnesium dalam darah meningkat ).

Efek Samping

Efek Samping yang umum adalah sembelit, diare , mual, muntah dan gejala-gejala tersebut akan hilang bila pemakaian obat dihentikan.

Peringatan dan Perhatian

Tidak dianjurkan digunakan terus menerus lebih dari 2 minggu , kecuali atas petunjuk dokter.
Bila sedang menggunakan obat tukak lambung lain seperti  simetidine atau antibiotika tetrasiklin, harap diberikan dengan selang waktu 1-2 jam.
Tidak dianjurkan pemberian pada anak dibawah 6 tahun, kecuali atas petunjuk dokter, karena biasanya kurang jelas penyebabnya.
Hati-hati pemberian pada penderita diet fosfor rendah dan pemakaian lama , karena dapat mengurangi kadar fosfor dalam darah.

Dosis dan Cara Pemakaian

Dewasa               : sehari 3-4 kali, 1-2 sendok takar @5 ml atau 1-2 tablet
Anak 6-12 tahun  : sehari 3-4 kali, 1/2 – 1 sendok takar @5 ml atau 1/2 – 1 tablet
Diminum 1-2 jam setelah makan dan sebelum tidur, sebaiknya tablet di kunyah dahulu.

Interaksi Obat

Pemberian bersama-sama dengan simetidin atau tetrasiklin dapat mengurangi absorpsi obat tersebut.

Kemasan

Magasida tablet kunyah :
Dus berisi 10 strip @10 tablet / No.Reg. DBL8512421163A1
Magasida Suspensi :
Dus,botol berisi 120 ml suspensi/ No.Reg. DBL8512404433A1
Kocok dahulu sebelum diminum.

SIMPAN PADA SUHU DIBAWAH 30ᵒC, SERTA TERLINDUNG DARI CAHAYA.

PT KIMIA FARMA
Jakarta – Indonesia
Dot ijo

Terima kasih telah membaca artikel tentang Magasida Obat Asam Lambung di blog INFORMASI OBAT-OBATAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :



Suka artikel ini? Bagikan :

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Category: Health Produsen, komposisi, dan klasifikasi Magasida Obat Asam Lambung: