LOFIBRA

Farmasi-id.com > Sistem Gastrointestinal & Hepatobilier > Kolagogum, Kolelitolitik, & Hepatoprotektor > LOFIBRA

By | 23/08/2018
Produsen Pharos
KomposisiUrsodeoxycholic acid.
IndikasiBatu empedu tembus sinar X dengan diameter tidak lebih dr 20 mm. Pasien dengan risiko tinggi atau menolak dioperasi kandung empedu. Penyakit kolestatik.
Dosis8-10 mg/kg BB/hari dalam 2-3 dosis terbagi, diberikan bersama makanan. Dosis lazim: 250 mg 2 x/hari pada pagi & sore hari. Jika terapi dihentikan selama 4 minggu, terapi hrs dimulai dr awal.
Pemberian ObatSebaiknya diberikan bersama makanan : Berikan bersama susu/makanan.
Kontra IndikasiBatu kolesterol yang mengalami kalsifikasi, batu radiopak, batu radiolusen, pigmen empedu. Kolesistitis akut yang tidak mengalami remisi, kolangitis, obstruksi biliar batu pankreas atau fistula biliar gastro-intestinal. Obstruksi saluran empedu. Kalsififasi batu empedu. Kandung empedu tidak berfungsi. Peradangan & kelainan pada usus halus. Hati & usus yang dipengaruhi sirkulasi enterohepatik garam empedu. Hamil.
Efek Samping
Diare, pruritus, ruam kulit, urtikaria, kulit kering, keringat dingin, rambut rontok, mual, muntah, gangguan pencernaan makanan, sakit perut, nyeri kandung empedu, konstipasi, stomatitis, perut kembung, pusing, letih, ansietas (cemas), depresi, gangguan tidur, nyeri sendi, nyeri punggung, batuk & radang pada mukosa hidung, kalsifikasi batu empedu.
Keamanan Kehamilan

B: Studi terhadap reproduksi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin tetapi tidak ada studi terkontrol yang dilakukan terhadap wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak dikonfirmasikan dalam studi terkontrol pada wanita pada kehamilan trimester 1 (dan tidak ada bukti risio pada trimester selanjutnya).

SediaanKemasan/Harga
Lofibra kapsul 250 mg
3 × 10’s (Rp204,000/boks)
Sekilas Tentang Obat Kolagogum, Kolelitolitik, & Hepatoprotektor

Kolagogum adalah obat atau zat yang merangsang sekresi empedu ke dalam usus.

Kolelitolitik adalah obat atau zat pelarut batu empedu digunakan untuk melarutkan batu-batu empedu kecil yang tidak dikalsifikasi. Mereka menekan jumlah kolesterol yang disintesis oleh hati atau menghambat jumlah kolesterol yang diserap dari usus. Mereka digunakan untuk memecah batu empedu pada pasien yang tidak perlu menjalani operasi.

Hepatoprotektor adalah obat untuk mencegah kerusakan pada hati.