Lanacer

By | Agustus 3, 2022 |

Apa Kandungan dan Komposisi Lanacer?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Lanacer adalah:

Tiap kapsul mengandung:
– Omeprazole 20 mg

Sekilas Tentang Omeprazole Pada Lanacer
Omeprazole adalah obat yang biasa digunakan dalam pengobatan penyakit refluks gastroesofageal, maag peptikum, dan sindrom Zollinger-Ellison. Selain itu obat ini juga digunakan untuk mencegah terjadnya perdarahan pada saluran cerna bagian atas.

Obat ini termasuk dalam penghambat pompa proton (PPI) dan keefektifannya serupa dengan PPI lainnya. Mekanisme kerjanya yakni secara ireversibel menghambat atau menghalangi sistem enzim yang ada pada sel perietal yang dibutuhkan untuk sekresi asam lambung. Efek inhibitornya akan terjadi sekira satu jam setelah pemberian dan puncaknya terjadi dua jam pasca pemberian. Lama efek inhibitor akan berlangsung setidaknya 72 jam. Cara pemberiannya bisa melalui mulut atau melalui injeksi vena.

Omeprazole pertama kali dipatenkan pada 1978 dan baru secara resmi digunakan oleh dunia medis pada tahun 1988. Omeprazole relatif aman digunakan oleh ibu hamil jika digunakan berdasarkan dosis yang telah ditetapkan oleh dokter. Bagi ibu menyusui penggunaan omeprazol dalam dosis normal juga relatif aman.

Lanacer Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Lanacer?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Lanacer adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:


-Pengobatan jangka pendek tukak lambung & tukak duodenal, refluks esofagitis erosif/ulceratif. Pengobatan jangka panjang sindrom Zollinger-Ellison

Kontraindikasi

– Penderita yang hipersensitif terhadap omeprazole

Efek Samping:

– Omeprazole umumnya dapat ditoleransi dengan baik. Pada dosis besar dan penggunaan yang lama kemungkinan dapat menstimulasi pertumbuhan sel ECL (eterochromaffin-likecells)

PERINGATAN:

– Pada penggunaan jangka lama omeprazole perlu diwaspadai efek sustained hypochlorydria dan hypergastrinemia
– Untuk dosis lebih dari 80 mg per hari, dosis harus dibagi dua kali sehari
– Omeprazole sebaiknya tidak diberikan selama masa kehamilan dan menyusui kecuali apabila penggunaannya dianggap penting

ATURAN PAKAI:
– Dewasa : 20-40 mg sekali sehari ditelan utuh dengan air Omeprazole hendaknya diminum sebelum makan.
– Anak usia 6-12 tahun : Belum ada pengalaman penggunaan omeprazole untuk anak-anak

CARA PENYIMPANAN:
– Simpan ditempat yang sejuk dan kering

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Lanacer?


– Dus @ 2 strip @ 10 kapsul . No.Reg: DKL 0331108301 A1

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.