Khasiat Tanaman Pepermint

By | Agustus 16, 2022 |

Khasiat Tanaman Pepermint

Pepermint ( Menthae piperita Stokes ) Merupakan tanaman terna berbatang tegak, tinggi 30-50 cm, mempunyai cabang-cabang kecil yang tumbuh menjalar, berbuku-buku. Daun berbentuk bundar telur, panjang 3,5-7 cm, ujung runcing atau tumpul, tulang daun bagian bawah berambut pendek, permukaan daun bagian atas berambut jarang. Tangkai daun panjangnya sampai 1,5 cm. Mahkota bunga berwarna ungu. Daunnya berbau segar seperti menthol dan rasanya sedikit pedas dengan sensasi dingin. bagian yang digunakan adalah daunnya.

Kandungan Kimia : Minyak atsiri ( menthol ), flavonoid, dan triterpen.  

Khasiat : Membantu mengurangi lemak darah, Mengurangi rasa mual dan muntah dan gangguan pencernaan, mint juga memiliki efek anestetik sehingga dapat mengurangi nyeri otot dengan cara dicampurkan dengan minyak untuk digunakan mengurut badan, mengatasi hidung tersumbat dan flu, menghilangkan nafas bau dan tak sedap, dan dapat juga digunakan untuk mengurangi stres ( efek aromaterapi )

Cara Pemakaian 

Rebus 1,5-3 gram daun pepermint kering dengan 150 ml air panas, saring dan minum 3 kali sehari sebelum makan.( Baca juga : Khasiat Tanaman Pepaya )


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.