Khasiat Tanaman Pandan Wangi

By | Juni 27, 2022 |

Khasiat Tanaman Pandan Wangi

Khasiat Tanaman Pandan WangiPandanus Amarylifolius Raxb, demikianlah nama latin dari tanaman herbal Pandan Wangi. Tanaman ini merupakan jenis perdu tahunan, tinggi berkisar 1-2 meter. batang bulat dengan bekas duduk daun, bercabang, menjalar, akar tunjang keluar di sekitar pangkal batang dan bercabang. daun tunggal, duduk dengan pangkal memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. helai daun berbentuk pita, tipis, licin, ujung runcing, tepi rata, bertulang sejajar, panjang 40-80 cm, berduri tempel pada ibu tulang daun permukaan bawah bagian ujung-ujungnya, warna hijau. Bunga majemuk, berbentuk bongkol, warnanya putih. Buahnya buah batu, menggantung, bentuk bola, diameter 4-7,5 cm, dinding buah berambut warnanya jingga ( baca juga : Khasiat tanaman Paku Tanjung  )

Sifat dan Khasiat Herbal Pandan Wangi

Daun bersifat sebagai tonikum, penambah selera makan, dan juga memberikan efek sedatif ( penenang )

Kandungan Kimia

Daun pandan mengandung alkaloid, saponin, flavoida, tanin, polifenol, dan zat warna. Bagian yang sering di gunakan adalah daun.

Cara Pemakaian

  • Lemah Saraf : daun pandan segar sebanyak 3 lembar dicuci hingga bersih, lalu di potong kecil-kecil. rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, lalu di saring, diminum pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas
  • Rematik dan Pegal Linu : Daun pandan segar sebanyak 5 lembar dan daun serai 20 lembar, dicuci, lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandapura masing-masing satu sendok makan. Aduk hingga merata. Ramuan ini digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit ( tidak untuk diminum )
  • Rambut Rontok : 10 lembar daun waru muda segar, segenggam daun urang aring, 5 lembar daun mangkokan ( Baca : Tanaman Herbal Mangkokan ), 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati dan 1 kuntum bunga  mawar. Setelah semuanya di cuci bersih, lalu dipotong-potong secukupnya. Bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam panci email, lalu ditambahkan minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri masing-masing 1/2 cangkir. Panaskan sampai mendidih, lalu angkat. Setelah dingin disaring, siap untuk digunakan. Caranya, oleskan campuran minyak tadi keseluruh bagian kulit kepala sambil dipijat ringan. lakukan malam hari sebelum tidur, esok paginya rambut di keramas. Lakukan 2-3 kali seminggu.


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.