Khasiat Tanaman Herbal Rosela

By | April 15, 2021 | Farmasi-id.com > Herbal > Khasiat Tanaman Herbal Rosela

Khasiat Tanaman Herbal Rosela

Khasiat Tanaman Herbal RoselaRosela ( Hibiscus sabdariffa ) merupakan herba tahunan yang bsia menkapsulai ketinggian 0,5-3 meter, batangnya bulat tegak, berkayu dan berwarna merah. Daunnya tunggal, bentuk bulat telur, pertulangan menjari, ujung tumpul, tepi bergerigi, dan pangkal berlekuk. Panjang daun 6-15 cm dan lebarnya 5-8 cm. Tangkai daun bulat berwarna hijau, dengan panjang 4-7 cm. Bunga rosela yang keluar dari ketiak daun merupakan bunga tunggal, artinya pada setiap tangkai hanya terdapat satu bunga. Bunga ini mempunyai 8-11 helai kelopak yang berbulu, panjangnya 1 cm, pangkalnya saling berlekatan, dan berwarna merah. Kelopak bunga ini sering dianggap bunga oleh masyarakat. Bagian inilah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman. Mahkota bunga berbentuk corong. Teridiri dari 5 helaian, panjangnya 3-5 cm. Tangkai sari yang merupakan tempat melekatnya kumpulan benang sari berukuran pendek dan tebal, panjangnya sekitar 5 mm dan lebar sekitar 5 mm. Putingnya berbentuk tabung, berwarna kuning atau merah. Buahnya berbentuk kotak kerucut, berambut, terbagi menjadi 5 ruang, berwarna merah. Bentuk biji menyerupai ginjal, berbulu, dengan panjang 5 mm dan lebar 4 mm. Saat masih muda, biji berwarna putih dan setelah tua berubah menjadi abu-abu.

Kandungan Kimia

Selain mengandung vitamin C, kelopak bunga rosela juga mengandung vitamin A dan 18 jenis asam amino yang diperlukan tubuh. Salah satunya dalah arginin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Disampuling itu, rosela juga mengandung protein, kalsium, dan unsur-unsur lain yang berguna bagi tubuh.

Khasiat dan Manfaat :

Untuk penyegar tubuh, obat sariawan, Menurunkan Hipertensi, Mengobati Asam urat, Memperbaiki metabolisme tubuh, Mengobati diabetes melitus, Mencegah sariawan dan panas dalam, Melangsingkan tubuh, Menghambat pertumbuhan sel kanker, Menambah vitalitas, Mencegah batuk dan flu, Sebagai antioksidan, antikanker, antidepresi, antikanker,  menurunkan absorpsi alkohol, mengobati radang persendian, mengobati infeksi saluran perkemihan, mengobati wasir, anti migrain, penghancur lemak

Cara Pemakaian

Sariawan : gunakan 3 kuntum bunga rosela kering, diseduh air panas. Lalu diminum.


Powered by Farmasi-id.com

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Category: Herbal Produsen, komposisi, dan klasifikasi Khasiat Tanaman Herbal Rosela: