Khasiat Dan Manfaat Tanaman Picisan (Sisik Naga)

By | Mei 7, 2022 |

Khasiat dan Manfaat Tanaman Picisan (Sisik Naga) – Tanaman herbal Picisan (Sisik Naga) banyak digunakan untuk pengobatan. Di Cina dikenal dengan nama Bao Shu Lian. Familia: polypadiaceae.

Bagian yang digunakan adalah daun: kegunaan/indikasi: mengatasi kanker payudar4, untuk TBC kelenjar, gondongan (parotitis), batuk darah, keputihan, kencing nanah, sakit kuning, rematik, dan sariawan. Sifat kimia dan efek farmakologi : sedikit manis, tawar, dan sejuk. Berkhasiat sebagai antiradang (anti-inflamasi), antitoksik, peluruh dahak (ekspektoran), dan menghentikan perdarahan (hemostatik). Sisik naga mengandung minyak atsiri, sterol/triterpen, fenol, flavonoid, tanin, dan gula.

Bagian yang digunakan adalah daun: kegunaan/indikasi: mengatasi kanker payudar4, untuk TBC kelenjar, gondongan (parotitis), batuk darah, keputihan, kencing nanah, sakit kuning, rematik, dan sariawan.
Sifat kimia dan efek farmakologi : sedikit manis, tawar, dan sejuk. Berkhasiat sebagai antiradang (anti-inflamasi), antitoksik, peluruh dahak (ekspektoran), dan menghentikan perdarahan (hemostatik). Sisik naga mengandung minyak atsiri, sterol/triterpen, fenol, flavonoid, tanin, dan gula.

Dosis pemakaian: 15-30 gram daun atau herbal direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring kemudian airnya diminum. Untuk sakit kuning (jaundice).

Cuci 15-30 gram daun sisik naga segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai airnya tinggal separuhnya. Setelah dingin saring, dan air saringannya siap diminum, sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.