Khasiat Dan Manfaat Herbal Ban Lan Gen

By | Agustus 16, 2022 |

Khasiat dan Manfaat Herbal Ban Lan Gen – Herbal ini sama dengan indigo naturalis, namun yang digunakan adalah bagian akar. Dalam bahasa Cina disebut Ban Lan Gen. Tumbuhan ini mampulu untuk memberikan warna biru. Habitatnya tersebar di Thailand. Ramuan ini di budidayakan di berbagai daerah di Cina seperti Hebei, Beijing, Heliongjiang, Henan, Jiangsu, dan Gansu. Akar dipanen selama musim gugur dan kemudian dikeringkan. Akar kering kemudian diolah menjadi butiran, yang paling sering dikomsumsi dilarutkan dalam air panas atau teh.
Rasa dari herbal ini pahit dan bersuhu dingin. Kandungan kimia yang ditemukan didalam herbal ini yaitu nila, indirubin, beta-sterol, uridin, hipoksantin, urasil, nila keton, daucosterol, sitosterol, antrakuinon, dan triterpines.

Bekerja pada tubuh bagian paru-paru, jantung, perut, tenggorokan, dan leher. Tanaman ini berkhasiat untuk menurunkan demam, seperti pada penyakit amandel, desinfektan dan mendetoksifikasi infeksi racun, radang tenggorokan, mengobati benjolan seperti gondokan, pembengkakan leher, penyakit kuning, membersihkan tenggoroka pada penyakit laringitis tenggorokan, dan radang.

Bagian yang digunakan adalah bagian akar tanaman yang telah dikeringkan. Dosis 15-30 gram, standar 15 gram dimasak selama 20 menit.

Efek fisiologis sebagai antibiotik, menstimulasi sistem imunitas, digunakan untuk mengobati infeksi virus (mumps dan hepatitis akut, herpes). Pasien dengan sulfonylurea (antidiabetes) atau alergi sulfonamide (antibiotik) mungkin memiliki reaksi bersilang dengan ramuan ini. Gunakan dengan hati-hati dalam kombinasi dengan antikoagulan dan inhibitor agregasi platelet. Keracunan ditandai dengan reaksi alergi dan gangguan saluran cerna. Penggunaan selama kehamilan diperbolehkan. image sources: aliexpress.com


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.