Soda dan Jus Buah Sama Bahayanya Dengan Merokok

Soda dan Jus Buah Sama Bahayanya Dengan Merokok
Minuman Soda | photo : Merdeka.com/Shutterstock/Brent Hofacker
Hati – hati dalam mengonsumsi soda, apa lagi soda yang mengandung pemanis buatan. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa minuman soda yang mengandung pemanis buatan sama bahaya dengan rokok. Hal ini karena soda yang kaya pemanis buatan dapat membuat sel tubuh cepat menua.

Seperti dilansir merdeka.com, penelitian tersebut didapatkan dari mengamati perbedaan sel dari orang yang sering mengonsumsi minuman soda dengan yang tak pernah minum soda. Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health Researchers ini dilakukan selama tahun 1999 hingga 2002 pada orang dewasa di Amerika Serikat yang tak memiliki riwayat penyakit diabetes atau penyakit jantung.

Minuman soda yang mengandung pemanis buatan akan membuat sel darah putih menjadi cepat menua dan cepat rusak dan ini terjadi juga pada orang yang merokok. Para peneliti berpendapat bahwa bahaya rokok lebih berbahaya dibandingkan dengan minuman soda. Selain itu orang yang sering mengonsumsi minuman bersoda juga memiliki risiko yang lebih tinggi terkena diabetes, penyakit kardiovaskular, dan stroke.

Para peneliti mengamati kromosom partisipan dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi soda secara teratur akan memperpendek telomere (sekumpulan DNA yang penting untuk sel). Telomere ini akan semakin pendek dengan bertambahnya usia dan tak bisa beregenerasi. Ketika terlalu pendek, telomere akan membuat sel mati. Sehingga dengan kata lain, sering mengonsumsi soda tak hanya memperpendek telomere, tetapi juga bisa memperpendek usia.

Selain itu telomere yang pendek juga dialami oleh orang yang memiliki kebiasaan merokok atau minum jus buah. Mengapa jus buah juga dapat memperpendek telomere, mungkin karena kandungan gula yang banyak dalam jus buah, meskipun gula yang alami.

Itulah penjelasan singkat mengenai bahaya terlalu sering mengonsumsi soda. Untuk itu sebaiknya rubah pola hidup sehat anda dengan menghindari atau mengurangi minum minuman soda atau merokok, serta minum jus buah. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *