Pengertian Zat Besi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Pengertian Zat Besi dan Manfaatnya Bagi Tubuh
Pengertian Zat Besi dan Fungsinya Bagi Kesehatan Tubuh. Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Zat ini berkaitan erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Zat besi memiliki fungsi yang begitu penting yaitu mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Dalam proses pengangkutan oksigen, zat besi harus bergabung dengan protein untuk membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot. Bila bergabung dengan protein di dalam sel zat besi membentuk enzim yang berperan di dalam pembentukan energi di dalam sel.
Laki-laki memiliki cadangan zat besi yang terdapat dalam limpa dan sumsum tulang. Cadangan zat tersebut sebanyak 500-1500 mg, sedangkan wanita hanya mempunyai 0-300 mg zat besi. itulah sebabnya wanita paling sering mengalami kekurangan darah (anemia) daripada laki-laki, apalagi pada wanita yang mengalami menstruasi.
Kebutuhan Zat Besi

Kebutuhan zat besi tergantung kepada jenis kelamin dan umur :
  1. Usia 2-6 tahun 4,7 mg/hari
  2. Usia 6-12 tahun 7,8 mg/hari
  3. Laki-laki 12-16 tahun 12,1 mg/hari
  4. Gadis 12-16 tahun 21,4 mg/hari
  5. Laki-laki dewasa 8,5 mg/hari
  6. Wanita dewasa usia subur 18,9 mg/hari
  7. Menopause 6,7 mg/hari
  8. Ibu menyusui 8,7 mg/hari.

Manfaat Zat Besi Bagi Kesehatan


1. Membentuk Hemoglobin

Hemoglobin merupakan unsur paling penting dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu hemoglobin yang memberikan warna merah gelap pada darah. Hemoglobin biasa disebut juga dengan sel darah merah.
2. Pengantar Oksigen

Zat besi bertindak sebagai pengantar oksigen yang mentransfer oksigen ke seluruh tubuh. Ini sangat penting karena oksigen dibutuhkan oleh masing-masing dan setiap bagian tubuh untuk melakukan aktivitas rutin.

3. Menjaga Fungsi otot

Zat besi juga digunakan untuk menjaga kesehatan otot. Mioglobin (protein otot) membawa oksigen dari hemoglobin dan mengeluarkannya dari seluruh sel-sel otot. Selain itu juga diperlukan untuk kontraksi otot.

4. Menjaga Fungsi otak

Otak juga membutuhkan oksigen untuk meningkatkan kinerja. 20 %  oksigen yang terdapat dalam darah digunakan oleh otak. Disini merupakan peran zat besi yang membantu untuk memasok oksigen dalam darah.

5. Mencegah Anemia

Kurang darah atau anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi. Sehingga dapat menunjukkan gejala seperti kelelahan, kelemahan tubuh, sakit kepala, dan terlalu peka terhadap suhu dingin.

6. Mencegah Penyakit kronis
Asupan zat besi yang tepat dapat mencegah anemia, gagal ginjal dan anemia predialysis.

7. Pramenstruasi

Zat besi juga dapat mengurangi gejala pramenstruasi yang berupa pusing, perubahan suasana hati, hipertensi. Kekurangan asupan zat besi selama pramenstruasi dapat membuat seseorang seperti lekas marah dan emosional.

8. Menjaga kesehatan rambut

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut menjadi kusam, tipis, kering dan rontok. Karena Zat Besi berperan penting dalam mengantar oksigenas ke akar rambut.

9. Diperlukan oleh ibu hamil

Zat Besi sangat diperlukan ibu hamil untuk pembentukan hemoglobin dan juga membawa oksigen dalam darah pada ibu hamil dan janinnya. Ibu hamil harus mendapat asupan zat besi yang cukup untuk pertumbuhan janin, direkomendasikan sekitar 27 miligram zat besi per hari.

10. Menjaga kesehatan kulit dan kuku
Zat besi juga berguna untuk memfungsikan zat antioksidan. Selain itu juga membantu untuk mengaktifkan vitamin dalam kelompok B kompleks. Ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan kelelahan, wajah pucat, kulit kering, ujung rambut pecah, kuku menjadi rapuh.

11. Menurunkan berat badan

Fungsi zat besi mengantar oksigen dalam tubuh agar berfungsi dengan baik ketika berolahraga. Kekurangan zat besi dapat membuat anda akan dengan mudah merasa lelah. Berolahraga banyak menggunakan energi sehingga dapat menurunkan berat badan. Agar tetap semangat dalam berolahraga saat diet anda harus mencukupi asupan zat besi.
Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Zat_besi diakses tanggal 29 agustus 2014

http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-zat-besi-bagi-kulit-rambut-dan-kesehatan.html#sthash.umKA8CLE.dpuf diakses tanggal 29 agustus 2014

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *