Pengertian Betakaroten dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Pengertian Betakaroten dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Pengertian betakaroten dan fungsinya bagi kesehatan tubuh. β-Karoten adalah jenis pigmen yang berwarna dominan merah-jingga. Senyawah organik ini dapat ditemukan secara alami pada tumbuhan dan buah-buahan. Secara kimiawi diklasifikasikan sebagai hidrokarbon, dan secara spesifik diklasifikasikan sebagai terpenoid (isoprenoid). Beta-karoten merupakan turunan unit isoprena dan disintesis oleh tumbuhan dari geranilgeranil pirofosfat.

Beta karoten termasuk dalam anggota karoten dan merupakan tetraterpena memiliki rantai karbon berjumlah 40. Beta karoten dicirikan dengan keberadaan cincin beta pada kedua ujung molekulnya. Penyerapan senyawa ini oleh tubuh meningkat seiring dengan meningkatnya asupan lemak. Hal ini karena karoten larut oleh lemak.

Baca Juga : Sumber, Efek Samping dan Asupan Betakaroten Yang Dianjurkan

Warna jingga pada wortel, labu, dan ubi adalah bagian dari betakaroten dan merupakan yang paling umum pada tumbuhan. Pada saat diaplikasikan sebagai pewarna makanan, senyawa beta karoten memiliki bilangan E160. Beta karoten merupakan bentuk awal dari terbentuknya Vitamin A melalui enzim beta-carotene 15,15′-monooxygenase. 
Cara Isolasi beta karoten dalam buah-buahan dengan menggunakan metode kromatografi kolom. Senyawa beta karoten bersifat non-polar dan untuk memisahkannya dapat menggunakan pelarut non-polar seperti heksana.

Berikut Fungsi Beta karoten untuk kesehatan tubuh kita

  1. Menjaga Kesehatan jantung
  2. Mengatasi Masalah sistem pernapasan.
  3. Mencegah Kanker
  4. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh.
  5. Melindungi dari radiasi.
  6. Mencegah Diabetes.
  7. Mencegah Rheumatoid Arthritis.
  8. Menjaga Kesehatan Mata

Selain itu Betakaroten juga dapat mengobati kulit kering, psoriasis dan eksim, dan juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Itulah pengertian betakaroten dan manfaatnya bagi kesehatan semoga bermanfaat.
sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Beta-karoten diakses tanggal 27 agustus 2014
http://www.carakhasiatmanfaat.com diakses tanggal 27 agustus 2014

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *