Orang gemuk dapat berisiko 10 jenis Kanker ini

Orang gemuk dapat berisiko 10 jenis Kanker ini
Orang gemuk dapat berisiko 10 jenis Kanker ini. Kegemukan biasa beresiko penyakit jantung, namun selain itu menurut penelitian orang gemuk dapat juga berisiko terkena kanker. Seperti yang dilansir healt detik 10 jenis kanker bisa menjadi risiko bagi mereka yang memiliki berat badan yang berlebihan. Ini merupakan hasil studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari London School of Hygiene and Tropical Medicine dengan mengumpulkan data lima juta orang yang tinggal di Inggris.
Para peneliti melakukan penelitian kepada mereka selama tujuh tahun dengan memantau perubahan pada kesehatan. Dan hasilnya, setiap kelebihan berat badan rata-rata 13-16 kg berisiko lebih besar terserang  6 jenis kanker seperti kanker rahim, empedu, ginjal, serviks, tiroid dan leukemia, namun besar risiko kanker tersebut bervariasi tergantung pada jenis tumor.
Selain itu mereka yang memiliki indeks massa tubuh yang tinggi dihitung berdasarkan berat badan dan tinggi badan juga lebih berisiko terserang  4 jenis kanker lainnya seperti  kanker hati, usus, ovarium dan kanker payudar4 pasca-menopause.  Namun para peneliti mengatakan meskipun kegemukan dikaitkan dengan pertumbuhan kanker yang paling umum, beberapa juga tidak menunjukkan hubungan sama sekali. “Ada banyak variasi dalam efek indeks massa tubuh pada kanker yang berbeda. Sebagai contoh, risiko kanker rahim meningkat secara substansial pada indeks massa tubuh yang lebih tinggi. Sementara untuk kanker lain kita melihat peningkatan lebih sederhana dalam risiko atau tidak berpengaruh sama sekali,” ungkap Dr Krishnan Bhaskaran, yang memimpin penelitian ini.
Peneliti Tom Stansfeld, dari Cancer Research UK, juga menambahkan bahwa meskipun hubungan antara kanker dan obesitas bisa dibilang masih kompleks, jelas bahwa kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi sebaiknya menjaga berat badan dengan melalui pola makan sehat, diet seimbang dan berolahraga secara teratur. Semoga bermanfaat

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *