Obat Diabetes Dapat Memanjangkan Umur

Obat Diabetes Dapat Memanjangkan UmurObat Diabetes Dapat Memanjangkan Umur. Obat untuk penderita diabetes, ternyata mempunyai efek lain yang sangat bermanfaat. Orang yang mengonsumsi obat diabetes dapat membuatnya hidup lebih panjang. Hal ini pada obat diabetes metformin. Dalam sebuah studi menemukan metformin, obat yang berguna untuk mengontrol gula darah juga dapat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah, serta kanker, meskipun pada orang tanpa diabetes.
Penelitian ini dilakukan pada lebih dari 180.000 orang dengan penderita diabetes dan orang tanpa diabetes  yang diberi metformin. Hasilnya terdapat perubahan yang signifikan. Namun demikian, hasil penelitian tersebut sangat pendek sehingga sebenarnya belum dapat disimpulkan demikian.
Profesor Craig Currie dari Cardiff University School of Medicine sebagai ketua penilitian tersebut mengatakan bahwa pasien yang diberi metformin hasilnya terdapat perbaikan signifikan pada ketahanan hidupnya dibandingkan dengan mereka yang hidup tanpa diabetes. Namun yang mengejutkan, temuan ini mengindikasikan bahwa obat itu juga memiliki dampulak menguntungkan pada pasien yang tanpa diabetes. Ia juga mengatakan bahwa untuk mendapatkan manfaat optimal dari obat metformin, penderita pradiabetes tipe 2 juga perlu menerapkan pola hidup sehat dengan cara mengurangi berat badan, menjaga pola makan dan berolahraga.
Studi ini juga cocok pada orang tanpa diabetes dengan umur, jenis kelamin, kebiasaan merokok dan status klinis apapun. Studi yang dipublikasi dalam jurnal Diabetes, Obesity and Metabolism itu juga mencatat, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampulak metformin pada orang sehat, khususnya juga untuk efek samping yang dihasilkannya.
Sumber :

http://health.kompas.com/read/2014/08/12/163334223/Obat.Diabetes.Bikin.Panjang.Umur

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *