Minum 3 Gelas Susu Per Hari Dapat Memperpendek Usia

Minum 3 Gelas Susu Per Hari Dapat Memperpendek Usia
susu (foto:BBC)
Susu adalah minuman sehat yang sering dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Manfaatnyapun dapat meningkatkan kebutuhan kalsium harian dalam tubuh. Tapi tahukah anda bahwa sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi susu berlebihan dapat membuat berpotensi memperpendek usia sehat anda.

Seperti yang dilansir oleh health okezone, menurut para peneliti hasil studi menunjukkan bahwa wanita yang minum tiga gelas susu sehari dua kali lebih mungkin untuk meninggal lebih awal, dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu gelas per hari.

Lebih lanjut penelitian tersebut menunjukkan bahwa, kalsium yang mampulu menguatkan tulang dapat melipatgandakan risiko kematian dini, BBC Health melaporkan. Penelitian dilakukan terhadap 61.000 perempuan dan 45.000 laki-laki selama 20 tahun ditemukan, justru tidak ada pengurangan pada risiko tulang patah bagi mereka yang terlalu sering mengonsumsi susu. Bagi perempuan, ini kemudian dikaitkan dengan peningkatan risiko tulang patah.

Mereka yang meminum tiga gelas susu atau lebih per harinya mengalami dua kali lebih mungkin untuk meninggal lebih awal dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu, kata peneliti. Peneliti juga percaya bahwa lemak dalam susu menghambat efek positif dari kalsium diserap tubuh, memicu peradangan, dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Namun ini tidak berlaku pada produk susu yang rendah akan kandungan lemaknya seperti keju dan yoghurt. Kedua produk susu olahan tersebut memiliki efek yang lebih menguntungkan yang dapat mencegah kematian dini, dan meningkatkan kesehatan tulang anda.

Jadi bagi anda yang saat ini sering mengonsumsi susu, sebaiknya mengurangi minum susu, cukup sekali dalam sehari agar risiko kematian dini dapat terhindari. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *