Merokok Dapat Menyebabkan Penyakit Stroke

Merokok Dapat Menyebabkan Penyakit Stroke
Alasan Mengapa Merokok Dapat Menyebabkan Penyakit Stroke. Sudah banyak kita ketahui bahwa merokok sangat merugikan kesehatan. Namun para perokok aktif, tidak dapat meninggalkan kebiasaan merokoknya. Pemerintahpun telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi para pecandu rokok dengan member peringatan pada pembungkus rokok. Mengapa merokok dapat merugikan kesehatan? Salah satunya adalah dapat menyebabkan stroke.
Stroke merupakan penyakit yang menyebabkan kelumpuhan sebagian anggota badan anda. Dan merokok adalah salah satu penyebabnya. Alasannya dapat kita lihat dibawah ini seperti yang dilansir oleh health liputan6.
Seorang dokter Nizmah, Sps dalam gathering Stroke, mengatakan bahwa “Zat-zat yang terkandung dalam asap rokok bisa masuk ke dalam pembuluh darah anda. Hal ini kemudian dapat menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi tidak licin. Sehingga membuat kolesterol dan lemak, misalnya, mudah menempel dan kemudian menumpuk sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
Bukan hanya perokok yang aktif yang dapat mengalami hal tersebut, perokok pasifpun dapat mengalami risiko yang sama saat menghisap asap rokok.
Selain itu merokok membuat darah lebih tebal dan memungkinkan untuk membeku. Hal ini akan membuat saluran pembuluh darah menjadi sempit. Saluran yang sempit ini dapat membuat sel-sel saraf otak tidak mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan pada bagian tersebut.
Kondisi inilah yang dapat menyebabkan terjadinya gejala stroke muncul. Seperti bibir mencong, wajah baal atau mati rasa, salah satu lengan lumpuh atau sulit digerakan, hingga sulit berbicara.

Walaupun sudah banyak yang tau akan effek samping dari merokok, masih banyak juga beberapa orang yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan tersebut. Bagi mereka yang sulit untuk melepas kebiasaan merokok, sebaiknya diiringi dengan olahraga yang rutin dan pola makan yang sehat. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *