Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan

manfaat dan fungsi vitamin E bagi kesehatan

Fungsi dan Peran Vitamin E Dalam Tubuh. Vitamin E terkenal dengan antioksidannya yang kuat, selain itu vitamin E juga terkenal dengan manfaatnya untuk melindungi kulit agar tetap sehat dan awet muda. Selain fungsinya sebagai antioksidan dan merawat kulit, vitamin ini juga mempunyai manfaat lain. Apa saja manfaat vitamin E , yuk kita lihat beberapa manfaat dan fungsi vitamin E bagi kesehatan yang dikutip dari healthline.com


Vitamin Antioksidan

Vitamin E merupakan antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan. Nutrisi penting ini terjadi secara alami di banyak makanan, tersedia sebagai suplemen makanan, dan kadang-kadang ditambahkan ke dalam makanan olahan. Vitamin E larut dalam lemak, yang berarti tubuh Anda menyimpan dan menggunakannya sesuai kebutuhan.
Secara kolektif, istilah vitamin E menggambarkan delapan senyawa yang berbeda, tapi alfa-tokoferol adalah yang paling aktif pada manusia.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Sumber Vitamin E dan Risiko Kekurangannya


Mencegah Radikal Bebas

Anda mungkin pernah melihat karat pada sepeda atau mobil. Proses serupa oksidasi dan penuaan dipercepat terjadi dalam tubuh Anda ketika sel-sel yang terkena molekul yang disebut radikal bebas. Radikal bebas melemahkan dan memecah sel-sel sehat dan dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker.
Molekul-molekul ini terbentuk sebagai hasil dari proses tubuh yang normal dan menyebabkan kerusakan yang lebih pendek kehidupan sel Anda. Menurut National Institutes of Health (NIH), Vitamin E adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, memperlambat proses penuaan sel-sel Anda.

Perlindungan Ekstra

Vitamin E dapat membantu orang dengan faktor risiko lingkungan atau gaya hidup yang lebih tinggi. Merokok, paparan polusi udara, dan paparan tinggi sinar ultraviolet dari sinar matahari peningkatan radikal bebas dapat merusal sel sel tubuh. Namun dengan vitamin E dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.
Menurut Institute of Medicine, Makanan dan Gizi Dewan, jika Anda menggunakan suplemen sintetis untuk menambah asupan vitamin E, dosis tidak boleh melebihi 1.000 unit internasional (IU) per hari. Tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk usia 14 keatas  yaitu 15 mg.

Baca Juga : Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Pria dan Wanita


Sumber Vitamin E

Makanan berikut merupakan sumber yang baik dari vitamin E:
Biji bunga matahari panggang, 1 ons (7,4 mg)
Hazelnut panggang kering, 1 ons (4,3 mg)
Kacang goreng kering, 1 ons (2,2 mg)
Almond panggang kering, 1 ons (6,8 mg)
Bayam, rebus, ½ cangkir (1,9 mg)
Brokoli, cincang dan rebus, ½ cangkir (1,2 mg)
Kiwi, 1 menengah (1,1 mg)
Mangga, diiris, ½ cangkir (0,7 mg)
Tomat, mentah, 1 menengah (0,7 mg)

Itulah beberapa fungsi dan peran vitamin E untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.  Semoga bermanfaat

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *