Fakta Kesehatan Berhenti Merokok

Fakta Kesehatan Berhenti Merokok – Orang yang sudah kecanduan merokok akan sangat sulit untuk berhenti merokok. Dengan memahami apa yang akan terjadi pada tubuh Anda saat Anda berhenti merokok, akan membantu anda dari kecanduan ini.

Saat Anda selesai merokok, tubuh memerlukan waktu agak lama untuk kembali normal. Setelah 20 menit setelah Anda berhenti, detak jantung Anda akan kembali normal. Setelah dua jam, kedua denyut jantung dan tekanan darah akan kembali normal dan ini adalah ketika nikotin mulai memudar dari sistem tubuh.

Jika Anda mencoba untuk berhenti merokok hal yang paling sulit ketika tiga hari setelah Anda berhenti, yang berarti Anda akan mengalami sakit kepala atau mual, serta crabbiness. Namun, pada saat ini tingkat karbon monoksida dalam darah Anda akan turun kembali ke normal.

Baca Juga : 7 Penyebab Kolesterol Tinggi

Namun efek ini akan sangat cepat terlihat dalam 1-9 minggu setelah berhenti, batuk Anda, sesak napas, atau membakar paru-paru selama aktivitas fisik akan mulai berkurang. Bertahun-tahun kemudian, risiko penyakit jantung serta risiko berbagai kanker (termasuk kanker paru-paru) akan menjadi setengah dari risiko perokok.

Lima belas tahun setelah berhenti merokok, risiko penyakit jantung adalah setara dengan yang non-perokok. Dan jika Anda berhenti merokok sebelum usia 30, Anda sangat mungkin hidup seperti orang yang belum pernah merokok sebelumnya. Kecuali jika Anda telah merokok secara ekstensif dan menyebabkan kerusakan di paru-paru Anda ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit paru obstruktif kronik (COPD).

Berikut Adalah Bagian Tubuh Anda Yang Akan Terselamatkan Jika Anda Berhenti Merokok :


Otak Anda

Rokok membawah bahan kimia ke dalam otak Anda, yang mirip dengan obat-obatan adiktif seperti heroin. Efek berhenti merokok adalah akan menghilangkan nikotik dalam aliran darah dan membersihkan opioid yang menggangu fungsi otak yang penting yaitu emosi dan keinginan. Opioid pada otaklah yang membuat perokok untuk sulit berhenti.

Paru-paru Anda

Paru-paru memiliki efek yang luar biasa jika anda berhenti merokok. Tepat setelah Anda berhenti, saluran udara Anda akan mulai membaik, dan rambut halus silia yang melapisi paru-paru akan mulai bekerja lagi setelah kelumpuhan akibat asap. Silia, yang bertindak sebagai system pembersihan paru-paru mulai memperbaiki diri hanya beberapa hari setelah Anda berhenti merokok dan dapat kembali ke fungsi normal dalam beberapa bulan.

Baca Juga : Pengertian Batuk Jenis dan Penyebabnya

“Paradoksnya, orang mengalami batuk tepat setelah mereka berhenti merokok, itu wajar , ” tulis Laura Biru di majalah Time. ” Itu adalah efek paru-paru membersihkan diri. “


Jantung Anda

Berhenti merokok adalah cara yang lebih efektif untuk menurunkan risiko penyakit jantung dibandingkan obat yang umum seperti aspirin, beta – blocker, statin, dan inhibitor ACE, menurut National Heart, Lung, dan Darah Institute di NIH. Saat Anda berhenti merokok, jantung dan pembuluh darah mulai membaik.

Baca Juga : Gejala dan Penyebab Penyakit Jantung


Gigi Anda

Nikotin pada rokok membuat noda di gigi Anda, jadi ketika Anda berhenti merokok, Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan keputihan dan kekuatan gigi. Kandungan tar pada rokok membuat lapisan di gigi Anda dan membuat sebuah karang, ini membuat bakteri lebih mungkin untuk menetap di sana dan menyebabkan kerusakan gigi. Setelah Anda berhenti merokok, Anda mungkin perlu untuk perawatan kebersihan mulut untuk mulai membersihkan beberapa tar pada gigi Anda.


Kulit Anda

Kulit Anda mencerminkan gaya hidup Anda dan apa yang Anda makan dan minum, “kata Dr Andrew Carmichael Dokter Net. Merokok memiliki efek pada kulit Anda meningkatkan risiko untuk eksim, dan mempercepat proses penuaan. Racun berbahaya yang masuk ke tubuh Anda melalui rokok termasuk karbon monoksida, tar, formaldehida, hidrogen sianida, amoniak, merkuri, timbal, dan kadmium semua ini membatasi aliran darah ke kulit dan bahkan memecah struktur elastisitas pada kulit, seperti kolagen dan elastin. Sehingga bagi perokok akan lebih mudah mengalami keriput.

Jadi sebaiknya anda berhenti merokok untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Ini akan memberikan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Baca Juga : Manfaat Kopi Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Semoga bermanfaat.

Sumber :

Medicaldaily.com

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *