Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D

Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D
matahari pagi (foto:funmozar.com)
Ciri-ciri kekurangan vitamin D. Memiliki tulang sehat dan kuat sangat di dambakan setiap orang. Salah satu vitamin yang memiliki peran penting untuk kesehatan tulang adalah vitamin D. Dan tahukah anda bahwa kita dapat menikmati asupan vitamin D secara gratis dengan hanya terkena sinar matahari pagi. 80 hingga 90 persen vitamin D berasal dari sinar matahari pagi.

Vitamin D berfungsi untuk menyokong kesehatan kulit dan tulang. Karena, vitamin D mampulu merangsang pertumbuhan kolagen dan kalsium, unsur utama di balik kesehatan kulit dan tulang. Namun bagaimana jika anda kekurangan vitamin D? gejala-gejala apa saja yang muncul? Dibawah ini adalah tanda-tanda anda kekurangan vitamin D seperti dilansir oleh VivaLife.

Nyeri tulang

Jika kekurangan vitamin D maka juga akan berpengaruh pada kalsium dalam tulang Anda. Asupan kalsium yang tidak mencukupi, akan berdampulak pada nyeri atau ngilu pada bagian tulang. 


Lesu

Rasa lesu bisa terjadi juga karena Anda kekurangan vitamin D. hal ini karena vitamin D dapat merangsang hormon neurotransmitter serotonin, yang bisa membangkitkan semangat. Jika hormon tersebut berkurang Anda akan merasa tidak semangat dan lesu, serta murung dalam menjalani kegiatan.


Kulit kusam

Banyak orang mengira bahwa jika terkena sinar matahari akan membuat kulit menjadi kusam. Justru sebaliknya terkena sinar matahari pagi dapat membuat kulit anda sehat. Kekurangan vitamin D membuat kulit terasa gelap dan kusam walau jarang terpapar sinar matahari.


Kulit kepala berminyak

Efek lain dari kekurangan vitamin D adalah kulit kepala berminyak. Keringat di kepala yang banyak dapat membuat kulit kepala berminyak. Dan biasanya dalam beberapa kasus terjadi pada wanita yang sedang hamil muda atau baru melahirkan.

Itulah tanda-tanda anda kekurangan vitamin D, semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *