Bukti Virus MERS Ditularkan Unta Ke Manusia

Bukti Virus MERS Ditularkan Unta Ke Manusia
Bukti bahwa unta menularkan virus MERS ke manusia. Para peneliti berhasil membuktikan bahwa virus MERS ditularkan oleh unta ke manusia. Awalnya para peneliti tersebut hanya berpendapat bahwa unta penyebab infeksi pernapasan akut ini, namun akhirnya mereka dapat membuktikan pendapatnya tersebut.

Bukti ini mereka peroleh setelah melakukan penelitian dengan mengotopsi jenazah seorang pria asal Arab Saudi yang meninggal akibat MERS. Dan ternyata pria yang dirawat di King Abdulaziz University Hospital, Jeddah ini ternyata mempunyai sembilan ekor unta peliharaan yang sempat jatuh sakit beberapa saat sebelum majikannya tersebut terinfeksi virus MERS. Dan dari catatan medis diketahui bahwa pria tersebut sempat memberikan obat tetes hidung pada unta peliharaannya itu untuk mencoba mengobatinya.

Seperti dilansir oleh BBC setelah si pasien meninggal, barulah peneliti mencoba menganalisis sampulel virus MERS yang diambil dari tubuh ke-9 unta tersebut dan kemudian juga mengambil sampulel dari pemiliknya. Hasil sampulel tersebutlah yang membuat peneliti melaporkan bahwa ada rangkaian genome dari kedua sampulel dinyatakan identik atau sama.

Sehingga dipastikan bahwa virus MERS yang menyebabkan infeksi pernapasan akut ini dapat menular lewat kontak langsung antara manusia dengan unta yang terinfeksi. Namun belum diketahui penularannya melalui pernapasan atau tidak. Karena sebelumnya si pasien sempat memberikan obat berupa tetes hidung ke unta. Dugaan lain mengindikasikan bahwa  ada juga dugaan virus di susu unta.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *