7 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan dan Kehidupan Sosial

7 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan dan Kehidupan Sosial
hewan tertawa (foto: telegraph.co.uk)
Tertawa merupakan pencerminan seseorang yang sedang mengalami perasaan senang dan ceria. Dan faktanya bahwa tertawa merupakan obat terbaik untuk mengatasi beberapa masalah dan bahkan penyakit tertentu. Sehingga bisa bermanfaat buat kesehatan baik fisik, emosional, dan sosial. Dan perlu diingat bahwa tertawa juga bisa menular.
Seperti dilansir healt liputan 6, berikut dibawah ini adalah alasan tertawa baik bagi kesehatan anda:


1. Meningkatkan aliran darah

Saat Anda tertawa aliran darah akan meningkat karena terjadi pelebaran atau perluasan jaringan yang membentuk lapisan dalam pembuluh darah. 


2. Meningkatkan kesehatan emosional

Tawa dapat meningkatkan kesehatan emosional dengan memicu pusat emosional dan reward di otak. Selain itu juga melepaskan dopamin, yang membantu otak memproses respons emosional dan meningkatkan rasa senang. Serotonin, yang mengangkat suasana hati dan endorfin yang mengatur rasa sakit dan stres dan menyebabkan euforia.


3. Penting dalam interaksi sosial dan bonding

Dalam berinteraksi dengan manusia, tertawa berperan penting dalam mengatur percakapan pada manusia dan juga signifikan dalam memfasilitasi ikatan sosial antara kelompok individu. Dapat meningkatkan daya Tarik dan merupakan komponen penting dari kompetensi sosial.


4. Terlihat lebih menarik

Hasil penelitian mengunkapkan bahwa pria dengan selera humor yang baik lebih menarik. Dan priapun lebih tertarik pada wanita yang tertawa atas lelucon mereka. Memiliki rasa humor ini membuat Anda lebih nyaman berada di dalam situasi sosial, seperti pesta, yang memungkinkan Anda untuk memperluas lingkaran sosial Anda. Selain itu dalam sebuah wawancara kerja meningkatkan peluang Anda untuk bisa diterima.


5. Menurunkan stres dan kecemasan

Jika anda merasa stress dan cemas, sebaiknya tingkatkan rasa humor dan tawa anda. Humor digambarkan sebagai unsur ketahanan dan memungkinkan Anda meningkatkan kemampuluan mengatasi dalam situasi sulit.


6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Rasa humor dan tawa yang baik dapat mencegah stres yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat melindungi Anda dari penyakit. Perlu diketahui bahwa stres dapat menekan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko penyakit menular dan penyakit jantung. 


7. Ini bermanfaat bagi sistem pernapasan

Tahukah anda bahwa tertawa merupakan metode tercepat dan termudah dalam mengatur pernapasan. Mengapa? Karena dengan tertawa dapat menyebabkan peningkatan langsung dalam denyut jantung, laju pernapasan dan konsumsi oksigen.  Tawa berkepanjangan membersihkan paru dari residu udara dan menggantikannya dengan yang segar, udara yang kaya oksigen. Sehingga memungkinkan Anda untuk bernapas lebih dalam yang meningkatkan kesehatan pernapasan, terutama bagi mereka dengan penyakit pernapasan seperti asma.

Nah itulah beberapa manfaat dari tertawa bagi kesehatan maupun dalam kehidupan social. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *