7 Fakta Menarik Malaria Yang Perlu Anda Ketahui

7 Fakta Menarik Malaria Yang Perlu Anda Ketahui
7 Fakta Menarik Seputar Penyakit Malaria Yang Perlu Anda Ketahui. Penyakit malaria merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk. Kasus munculnya penyakit malaria ini biasa terkait dengan musim hujan. Hal ini karena perkembangbiakan nyamuk pada musim ini sangat cepat. Nyamuk penyebar malaria disebut sebagai nyamuk Anopheles. Malaria jika tidak ditangani secara intensif dapat berakibat fatal sehingga dapat juga menyebabkan kematian.

Seperti yang dilansir Health Me Up dibawah ini adalah beberapa fakta menarik tentang penyakit malaria yang perlu anda ketahui :

1. Malaria muncul atau mulai menyebar pada suhu yang lebih hangat dan dalam iklim yang lembab. Sehingga banyak kasus malaria meningkat ketika musim penghujan.
2. Gejala malaria tidak langsung muncul setelah terinfeksi gigitan nyamuk Anopheles, tetapi gejalanya akan muncul setelah 10 sampai 15 hari kemudian.

Baca juga : Pengertian Malaria, Jenis, Gejala dan Pencegahan

3. Malaria hanya ditularkan oleh nyamuk. Tidak akan menular hanya dengan kontak 5eksual atau fisik dengan penderita.
4. Ibu hamil dan bayi yang baru lahir biasanya berisiko tinggi tertular penyakit malaria.
5. Jika tidak ditangani dengan obat-obatan yang lengkap (Kekurangan obat-obatan) bisa menyebabkan penderita mengalami kerusakan otak, hilangnya fungsi otot, koma, atau yang lebih parah dapat menyebabkan kematian.
6. Organisasi Kesehatan Duni (WHO) merekomendasikan untuk memakai kelambu anti-malaria sebagai cara yang paling efektif dan murah untuk mencegah terinfeksi malaria.
7. Kasus malaria yang sangat tinggi terjadi di selatan Sahara di Afrika, sekitar 90% jumlah kematian akibat penyakit ini. Anda harus berhati-hati ketika sedang berpergian ke daerah yang kasus malarianya sangat tinggi.

Itulah beberapa fakta menarik tentang penyakit malaria. Semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang penyakit ini.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *