6 Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik

6 Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik
Hampulir setiap hari kita mendengarkan musik, tidak hanya mereka yang usia muda yang tua pun suka mendengarkan musik. Musik tidak hanya mempengaruhi mental tetapi juga dapat berefek pada fisik seseorang. Selain itu musik berkaitan dengan tingkat oksitosin, hormon yang memicu rasa tenang dan senang. Musik juga meningkatkan kadar serotonin yang meningkatkan mood dan kemampuluan belajar. Sehingga ketika kita mendengarkan musik yang kita sukai kita merasa tenang dan mood kita meningkat

Telah banyak penelitian yang dilakukan yang membuktikan bahwa musik mempunyai manfaat untuk kesehatan. Seperti yang dilansir merdeka.com berikut 5 manfaat musik bagi kesehatan.


1. Meredakan rasa sakit kronis
Ketika anda merasa sakit cobalah untuk mendengarkan musik. Hal ini bisa meningkatkan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit. Ketika mendengarkan musik perhatian pasien akan teralihkan, juga memperlambat prose bernapas dan detak jantung sehingga terasa lebih rileks. Tidak hanya itu, musik juga dapat meredakan rasa sakit dan migrain.


2. Mempercepat proses penyembuhan
Mendengarkan musik dapat membantu mempercepat proses penyembuhan setelah terkna stroke atau operasi jantung. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah pada pasien jantung setelah operasi sehingga membantu meredakan rasa cemas dan sakit setelah operasi.


3. Meningkatkan system kekebalan tubuh

Musik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memicu produksi hormon yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Saat mendengarkan musik akan menurunkan tingkat hormon kortisol yang menurunkan efektivitas sistem kekebalan tubuh.


4. Meredakan rasa cemas dan meningkatkan kualitas tidur
Musik dapat meredakan rasa cemas. Bagi penderita insomnia, mendengarkan musik bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.


5. Meningkatkan fungsi otak
Musik dapat merangsang otak anak dan meningkatkan konsentrasi, kemampuluan motorik, emosi, kemampuluan mengingat, kemampuluan berbahasa, dan matematika. Itulah sebabnya mengapa banyak anak yang sedang belajar juga mendengarkan musik.


6. Merawat otak yang menua
Mereka yang sering mendengarkan musik dan melakukan terapi musik saat muda berkemungkinan memiliki otak yang tetap tajam dan fokus ketika menua. Selain itu musik juga membantu orang untuk lebih mudah mengingat di masa tua. Ini dapat kita lihat kita akan terkenang masa kecil ketika sedang mendengarkan musik yang sering kita dengarkan waktu masih kecil.

Itulah 6 manfaat dari mendengarkan musik yang salah satunya dapat meningkatkan fungsi otak. Sehingga kadang kita lebih senang mendengarkan musik sambil belajar. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *