6 Jenis Makanan Yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi

6 Jenis Makanan Yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi
Makanan sangat berpengaruh besar dalam kerusakan gigi. Ada beberapa jenis makanan tertentu yang mampulu menyebabkan erosi enamel yang dapat membuat gigi menjadi sensitive terhadap rasa panas, dingin, manis dan asam kata Dr Mukul Dabholkar, seorang ahli gigi dari India.

Untuk mengetahui apa saja makanan yang dapat merusak gigi anda, berikut adalah daftar beberapa jenis makanan yang berpotensi merusak kesehatan serta keindahan gigi seperti yang dilansir merdeka.com.


1. Permen
Ini merupakan faktor penyebab umum kerusakan gigi pada anak-anak. Permen mengandung gula yang tinggi yang bisa menempel dengan keras di gigi dan dapat menyebabkan plak yang membuat gigi berlubang.


2. Makanan asam
Makanan yang mengandung asam seperti lemon tidak aman untuk gigi. Sebab kandungan asamnya dapat merusak enamel gigi. Sebaiknya segera berkumur ketika Anda baru saja memakan buah asam seperti jeruk dan lemon.


3. Makanan bertepung
Banyak cemilan yang mengandung tepung seperti kripik kentang, roti, pizza, pasta. Makanan yang mengandung tepung juga dapat merusak gigi. Hal ini disebabkan karena zat tepung bisa berubah menjadi gula ketika masuk ke dalam mulut. Dan gula yang menempel tersebut dapat merusak enamel gigi.


4. Soda
Minuman soda yang mengandung gula tinggi juga bisa merusak gigi Anda ketika sering dikonsumsi. Selain itu soda mengandung zat fosfat dan sitrat yang dapat mengikis enamel gigi. Sehingga sebaiknya jangan terlalu sering minum minuman bersoda.


5. Buah kering
Tidak semua buah banyak mengandung cairan ada beberapa buah kering seperti kismis, plum, maupun apricot. Buah kering tersebut mengandung gula tinggi dan lengket di gigi. Hal ini juga dapat merusak enamel gigi. Segera bersihkan gigi anda ketika mengonsumsi buahan yang kering.


6. Alkohol
Air liur berguna untuk membersihkan gigi dari sisa makanan yang melengket di gigi. Namun alcohol yang dikonsumsi dapat menekan produksi air liur. Jika hal itu terjadi, maka akan sangat sulit untuk membersihkan gigi dari sisa makanan yang menempel. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan kanker mulut. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka komposisi asam anggur akan melarutkan enamel yang membuat gigi Anda keropos.

Itulah jenis makanan yang dapat merusak kesehatan gigi anda. Untuk mencegah hal tersebut terjadi segera bersihkan gigi anda setelah mengonsumsi makanan tersebut atau mengurangi konsumsinya, seperti mengurangi konsumsi alcohol. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *