5 Tips Memilih Makanan Untuk Berpuasa Sehat

5 tips memilih makanan untuk berpuasa sehat. Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh perlu tambahan nutrisi yang cukup agar tetap fit dalam menjalankan aktivitas.  Agar kita tidak salah dalam memilih makanan saat puasa, berikut tips memilih makanan untuk berpuasa sehat seperti yang dilansir merdeka.com.
Tips Memilih Makanan Agar Saat Puasa Badan Tetap Sehat


Hindari Junk Food
Makanan cepat saji hampulir tidak ada nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, sebaiknya memasak makanan sendiri selama bulan ramadhan agar asupan nutrisi tubuh tetap terjaga.
Hindari Makanan Putih
Yang di maksud makanan putih adalah adalah roti, nasi, dan gula. Beberapa makanan putih diproses dengan menggunakan komposisi yang kurang menyehatkan dan mengalami penurunan kadar nutrisi. Sebagai pengganti makanan putih yang lebih sehat bisa diperoleh dari roti gandum, brown rice, atau madu sebagai pemanis alami.

Pilih Makanan yang Tidak Membuat Dehidrasi
Kekurangan cairan atau dehidrasi adalah masalah umum yang terjadi selama puasa.  Untuk mencegah terjadinya dehidrasi cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air dan menghindari minuman yang membuat dehidrasi seperti kopi dan soda.

Hindari Makanan Gorengan
Hindarilah makanan yang digoreng, sebab makanan yang digoreng, terlalu manis, atau terlalu pedas cukup sulit dicerna tubuh dan juga memicu masalah kesehatan serius. Alternative lainnya adalah dengan mengolah makanan dengan cara direbus atau dipanggang.

Membatasi Asupan Karbohidrat
Kurangi porsi karbohidrat selama puasa. Sebaliknya, perbanyak serat dan protein. Tujuannya adalah untuk membuat perut kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan.
Itulah beberapa tips cara memilih makanan selama berpuasa, agar badan tetap sehat.
Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *