5 Penyebab Penyakit Kanker Paru Selain Merokok

5 Penyebab Penyakit Kanker Selain Merokok

5 Penyebab Penyakit Kanker Paru Bagi Bukan Perokok. Banyak orang telah mengetahui bahwa merokok dapat merugikan kesehatan mereka, namun banyak juga yang mengabaikannya. Rokok adalah salah satu penyebab kanker paru. Namun tidak semua kasus penyakit kanker paru dialami oleh perokok.

Mereka yang bukan perokok aktif dapat terkena kanker paru karena berbagai faktor seperti dikutip dari health detik berikut beberapa faktor tersebut :

1. Perokok Pasif
Mereka yang bukan perokok aktif juga dapat terkena kanker paru-paru. Hal ini disebabkan mereka menghirup asap rokok yang dihembuskan seorang perokok. Mereka dapat memiliki peningkatan risiko 24 persen lebih besar mengidap kanker paru bila dibandingkan dengan orang yang tinggal pada lingkungan bebas asap rokok.

2. Gas Radon
ini adalah gas alami yang terbentuk ketika kandungan uranium mulai membusuk. Hampulir sekitar 12 persen dari kasus kanker paru yang terjadi di Amerika diperikirakan akibat gas radon. Gas radon yang berasal dari kandungan uranium di dalam tanah dapat merambat melalui tanah dan memasuki rumah melalui lubang atau celah. Gas ini tidak berwarna dan tidak berbau sehingga untuk mendeteksi gas ini diperlukan alat khusus.

3. Asbestos
Asbestot atau asbes adalah serat mineral silica. Asbes biasanya digunakan untuk bahan bangunan. Biasa digunakan sebagai bahan insulasi panas maupun suara. Namun, bahan mikroskopis asbes dapat terhirup sehingga menyebabkan kanker paru dan kanker lain yang bernama mesothelioma. Karena berbahaya bagi kesehatan di Amerika penggunaannya sudah dilarang.
4. Keturunan
Ini merupakan faktor genetik terkena penyakit kanker paru. Mereka yang bukan perokok dapat berisiko terkena kanker paru apabila ada kerabat yang sudah terkena penyakit ini sebelumnya.
5. Polusi Udara

Polusi udara sudah tidak dapat dihindari lagi mulai dari kendaraan, industri, dan pembangkit listrik. Menurut peneliti polusi udara tersebu dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker paru-paru.

itulah beberapa faktor terkena kanker paru bagi mereka yang bukan perokok. Semoga bermanfaat

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *