5 Nutrisi Yang Menjaga Kesehatan Mata

5 Nutrisi Yang Menjaga Kesehatan Mata
Tanpa kita sadari aktivitas harian kita dapat merusak kesehatan mata. Salah satu contohnya adalah ketika kita menonton tv dan ditambah lagi dengan smartphone dan komputer. Ketika terlalu lama menatap layar tv atau smartphone mata kita akan terasa perih dan ini dapat menyebabkan gangguan pada mata. Untuk mencegah hal tersebut dapat kita lakukan dengan mengalihkan pandangan dari layar selama 5 menit. Namun ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan yaitu dengan memilih makanan yang mengandung nutrisi penting untuk kesehatan mata.
Dibawah ini adalah beberapa nutrisi yang dapat menjaga kesehatan mata, seperti dilansir oleh merdeka.com.

1. Vitamin E
Kandungan zat antioksidan dalam vitamin E memberikan perlindungan pada sel tubuh serta mencegah radiasi bebas merusak jaringan pada mata. Hal ini dapat melindungi mata dari sinar matahari. Sebuah penelitian menunjukan bahwa vitamin E sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin E dapat kita temui pada walnut, alpukat, almond, kale, dan kubis mini.

2. Vitamin C
Selain berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga mengandung antioksidan kuat yang penting untuk pertumbuhan kolagen, menyembuhkan luka, kecelakaan, dan mempercepat proses penyembuhan. Vitamin C akan berfungsi melindungi lensa mata dan melindunginya dari kerusakan. Makanan yang memiliki kandungan vitamin C antara lain buah bit, kale, seledri, blueberry, ubi jalar.

3. Zat seng
Zat seng merupakan mineral yang ada pada jaringan di bawah retina yang berfungsi membantu menyerap dan membawa vitamin A ke mata dan memproduksi melanin. Fungsi melanin adalah memberikan warna pada kulit, mata, serta rambut. Selain itu melanin juga melindungi mata dari cahaya matahari. Beberapa jenis makanan yang memiliki banyak kandungan zat seng adalah daging sapi, domba, labu, bayam, dan wijen.

4. Lutein
Lutein berfungsi sebagai pelindung mata yang diklasifikasikan sebagai carotenoid. Lutein merupakan antioksidan yang sangat kuat yang berada dalam retina. Sebuah penelitian menunjukan bahwa lutein dapat mencegah pembentukan sel kanker dan penyebarannya. Selain itu lutein juga mencegah degenerasi makula yang bisa membunuh jaringan di sekitar retina. Contoh makanan yang banyak mengandung lutein adalah kale, bayam, brokoli, dan jagung.

5. Zeaxanthin
Zeaxhantin bekerja bersamaan dengan lutein mencegah menjaga kesehatan mata. Zat ini termasuk dalam keluarga karotenoid. Bagian tengah retina (macula) mengandung 75 persen zeaxanthin. Zat tersebut mencegah masuknya cahaya yang berlebihan ke mata dan merawat kesehatan sel. Beberapa makanan yang tinggi zat zeaxanthin adalah kale, bayam, telur, dan buah-buahan sitrus.

Nutrisi-nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Biasakan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut untuk menjaga agar kesehatan mata tetap terjaga. Namun perlu juga untuk membatasi penggunaan smartphone, komputer atau menonton tv yang lama. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *