5 Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

5 Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

Sumber kalsium yang umum kita ketahui adalah susu. Sehingga dengan meminum susu, sudah dapat memenuhi kebutuhan akan kalsium. Namun bagaimana bagi mereka yang alergi akan susu? Jangan khawatir karena sumber kalsium ada bermacam-macam. Dibawah ini adalah beberapa makanan sumber kalsium seperti yang dilansir oleh detik health.

1. Brokoli

Terdapat 86 mg kalsium dalam 2 mangkuk brokoli sehingga ini dapat memenuhi kebutuhan kalsium anda. Tidak hanya itu kandungan vitamin C brokoli 2 kali lebih banyak dari pada buah jeruk. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa brokoli memiliki banyak kandungan senyawa yang dapat menangkal kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker kandung kemih.

2. Edamame

Semangkok edamame yang telah dimasak mengandung kurang lebih 98 mg kalsium. Ini lebih banyak dari yang dimiliki oleh brokoli. Selain itu makanan ini juga merupakan sumber utama protein nabati yang lengkap, yaitu mengandung 9 asam amino esensial. Selain edamame juga mengandung 8 gram serat yang dapat menjaga sistem pencernaan.

3. Bok Choy

Semangkuk sayuran bok choy mengandung 74 mg kalsium. Hanya mengandung 9 kalori sehingga tidak bikin gemuk. Kandungan lain yang bermanfaat adalah vitamin A, vitamin C, dan kalium atau potassium.

4. Jeruk

Mengingat buah jeruk mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kandungan vitamin Cnya. Tapi anda juga perlu tahu bahwa satu buah jeruk mengandung rata-rata 74 mg kalsium. Dan bila dijadikan jus, tiap gelas mengandung kurang lebih 27 mg kalsium.

5. Sardin

Iklan sardin dapat dengan mudah kita jumpai dalam bentuk makanan kaleng. Sekaleng ikan sardin memiliki kandungan 351 mg kalsium. Selain itu juga kaya akan beberapa nutrisi lain seperti vitamin D, vitamin b-12 yang diketahui sebagai nutrisi penting untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.

Itulah 5 jenis makanan yang dapat menggantikan susu untuk memenuhi asupan kalsium anda.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *