5 Jenis Virus Yang Berbahaya Selain Ebola

5 Jenis Virus Yang Berbahaya Selain Ebola
5 jenis virus yang berbahaya selain Ebola yang perlu anda ketahui. Baru-baru ini kita dihebohkan dengan keganasan virus Ebola. Sehingga virus tersebut merupakan virus yang paling ditakuti. Virus ini sudah banyak memakan banyak korban kurang lebih seribu orang yang berada di Afrika Barat tempat munculnya virus ini. Namun kita jangan hanya terpacu pada virus Ebola saja, masih banyak virus lain yang juga harus diwaspadai.
Seperti yang dilansir merdeka.com inilah beberapa virus yang juga berbahaya selain virus Ebola.
1. Virus rabies

Ini merupakan virus yang banyak memakan korban di Amerika Serikat, Afrika dan Asia. Di Amerika sekitar 2.000 korban meninggal akibat virus ini setiap tahun. Sedangkan di Asia dan Afrika sekitar 55.000 orang. Penularannya melalui air liur hewan yang terinfeksi seperti anjing dan kelelawar. Beberapa kasus banyak yang terlambat diberikan vaksin pencegah rabies karena mereka tidak sadar terjangkit virus tersebut, apalagi bagi mereka yang terkena gigitan kelelawar.
2. HIV AIDS

Sampulai sekarang belum ditemukan vaksin yang ampuluh untuk menyembuhkan penderita HIV AIDS. Sehingga ini adalah salah satu virus yang juga sangat ditakuti. HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan melemahkannya dari waktu ke waktu. Sehingga penderita akan kesulitan dalam melawan infeksi dari penyakit lain.

3. Influenza

Anda mungkin belum mengetahui bahwa virus yang terdengar sangat remeh ini ternyata telah membunuh banyak orang setiap tahunnya. Apa lagi ditambah dengan penularan virus ini yang sangat cepat. Badan penanggulangan kesehatan di Amerika Serikat (CDC), mengatakan bahwa setiap musimnya virus flu bisa membunuh sekitar 3.000 hingga 49.000 orang. Hal ini terjadi ketika terutama ada beberapa jenis pandemi virus tertentu seperti flu babi dan flu burung.

4. Virus akibat gigitan nyamuk

Demam berdarah, malaria dan chikungnya merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus akibat gigitan nyamuk. Dan dari ketiga penyakit tersebut, demam berdaralah merupakan penyakit yang mematikan. Menurut WHO, setidaknya 40% dari populasi dunia berada pada risiko yang tinggi untuk terkena penyakit akibat virus nyamuk. Jadi waspadalah terhadap gigitan nyamuk.

5. Rotavirus
Mungkin anda belum mengetahui apa itu rotavirus. Rotavirus mampulu menyebabkan virus gastroenteritis.  Gastroenteritis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan. Pada umumnya penyakit ini akan menyerang lambung dan usus sehingga menyebabkan diare, muntah, dan kejang pada perut. Sebagian besar mereka yang terkena virus ini adalah anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun dan sekitar 82% kematian karena virus ini terjadi di negara berkembang.
Tidak semua orang berisiko terjangkit virus ini, namun anak-anak yang menjadi objek utama. Tetapi jangan khawatir karena di tahun 2006 telah dikembangkan vaksin baru untuk mengobati penyakit ini dan bisa direkomendasikan kepada anak usia 2 bulan.
Itulah jenis-jenis virus yang juga berbahaya selain Ebola. Kita harus selalu waspada, karena kita tidak tahu kapan virus tersebut akan menyerang kita. Selain itu kita juga harus menerapkan polah hidup sehat.

Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *