4 Fakta Menarik Mengenai Bersin

4 Fakta Menarik Mengenai Bersin
ilustrasi bersin | photo: Shutterstock
Anda mungkin sering mengalami bersin, entah disebabkan karena debu, pilek, alergi dan lain sebagainya. Tapi tahukah anda bahwa bersin membantu anda menjaga imunitas tubuh. Saat bernapas, hidung anda akan menghirup oksigen berlebihan bersamaan dengan menghirup debu, bakteri, dan virus yang beredar di udara. Sehingga ketika anda bersin semua kotoran tersebut dikeluarkan.

Dilansir Health Okezone, berikut empat fakta menarik mengenai bersin :

1. Manusia tidak bersin saat tidur

Saat anda tertidur anda tidak akan pernah mengalami bersin. Hal ini karena bersin melibatkan sistem saraf manusia. Sehingga saat seseorang tertidur lelap, semua sistem saraf tubuhnya tidak banyak bekerja.

2. Membantu menjaga imunitas

Bersin juga berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh. Ketika bersin, Anda akan terlindung dari serangan bakteri dan virus jahat yang beredar di udara.

3. Olahraga menyebabkan bersin

Berolahraga juga dapat menyebabkan bersin, saat olahraga tubuh mengalami hiperventilasi sehingga hidung dan mulut mengering. Sehingga hidung akan bereaksi seperti meler atau bahkan bersin.

4. Sinar matahari memicu bersin

Tahukah anda bahwa sinar matahari cerah juga dapat menyebabkan bersin. Hal ini disebut photics, yang berarti cahaya dari bahasa Yunani. Pada kenyataannya, sensitivitas cahaya adalah sifat yang diturunkan sehingga secara refleks kita bisa bersin saat terkena paparan sinar matahari.

Itulah 4 fakta menarik mengenai bersin. Semoga bermanfaat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *