Kenali Khasiat Tanaman Herbal Gingseng Putri (Angelica Dahurica)

By | Juni 27, 2022 |

Kenali Khasiat Tanaman Herbal Gingseng Putri (Angelica Dahurica) – Angelica Dahurica merupakan nama latin dari tanaman ashitabac atau gingseng putri. Nama Cina (Tionghoa) dari tanaman ini adalah Bai Zhi. Habitat tanaman ini adalah dilembah dan pegunungan.
Rasa tanaman ini adalah tajam dan hangat. Kandungan kimia didalamnya adalah coumarins, phytosterols, polyacetylenes, ferulic acid, ligustilide, sesquiterpene, dan carvaerol.

Bagian tubuh yang diobati adalah paru-paru dan saluran perut. Tanaman ini berkhasiat untuk mengobati rhinitis, sinusitis, hidung tersumbat, melancarkan dahak, dan melancarkan saluran pernapasan, mengobati bisul, luka, dan benjolan (pembengkakan bernanah) terutama dibagian perut dan saluran usus besar, meredakan nyeri dan sakit kepala, dan mampulu melancarkan haid.

Bagian tanaman yang dipakai sebagai obat adalah akar yang dikeringkan. Cara membuat ramuan, akar yang sudah kering direbus dalam air mendidih. Penggunaannya 3-10 gram.

Efek Samping ramuan ini adalah overdosis, serta dapat ditandai dengan muntah, mual, anggota badan kesemutan, epilepsi, dan kejang. Sementara itu, kontraindikasinya, yaitu kekurangan darah atau daerah Yin Yang kurang, luka terbuka, penyakit demam, dan penyakit hati.


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.