Kenali Khasiat Dan Manfaat Tanaman Herbal Stemona (Stemonae Radix)

By | Mei 7, 2022 |

Kenali Khasiat dan Manfaat Tanaman Herbal Stemona (Stemonae Radix) – Herbal ini belum memiliki nama Indonesia, namun biasa dikenal dengan nama ‘Stemona’. Herbal ini merupakan tanaman berbunga dari genus Stemonaceae. Banyak tumbuh di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Australia. Tanaman ini adalah salah satu dari 50 herbal dasar dalam pengobatan Cina. Umumnya digunakan untuk obat kulit.

Rasa dari herbal ini manis dan pahit, bersuhu netral, kandungan kimia yang terdapat didalamnya adalah alkaloid.

Rasa dari herbal ini manis dan pahit, bersuhu netral, kandungan kimia yang terdapat didalamnya adalah alkaloid.

Bekerja pada bagian paru-paru. Berkhasiat mengobati: membasahi kekeringan pada batuk paroksismal, batuk kering, batuk dengan dahak langka, batuk kronis, menghilangkan racun dan sebagai desinfektan eksternal dan internal parasit, cacingan, aplikasi eksternal direndam dalam 70% alko*hol; kutu, parasit, trichomonas, anti parasit eksternal dan internal parasit, cacing, trichomanas.

Bagian yang digunakan adalah akar tanaman yang telah dikeringkan. Dosis 3-10 gram, standar 3 gram, dimasak lebih kurang 20 menit.

Efek farmakologi, antiparasit, antibiotikin vitro, efek pada pusat pernapasan; digunakan untuk merawat pertusis. Memiliki efek ringan pada pusat pernapasan di otak dan dengan demikian menghentikan batuk. Dosis sangat tinggi dapat menyebabkan depresi pernapasan. Kontraindikasi, limpa dan lambung kekurangan, diare. Penggunaan selama kehamilan diperbolehkan.
Gambar : alibaba.com


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.