Kayu Secang Dan Beberapa Khasiatnya

By | Agustus 16, 2022 |

Kayu Secang dan Beberapa Khasiatnya

Kayu Secang dan KhasiatnyaKayu Secang ( Caesalpinia sappan ) Semak atau pohon kecil, tinggi sampai 10 m.ranting-ranting berduri, bentuk duri bengkok, tersebar. Daun majemuk, panjang 25-40 cm. Anak daun tidak bertangkai, bentuk lonjong, panjang anak daun 10-25 mm, lebar 3-11 mm. Bunga berupa malai, polong berwarna hitam, panjang 8-10 cm, lebar 3-4 cm, berisi 3-4 biji. Di Indonesia ditanam sebagai tanaman pagar atau tanaman pinggiran.

Dapat ditanam pada berbagai macam tanah pada ketinggian 1.000 dpl. Tanaman dapat tumbuh di tempat yang agak teduh dan lebih baik bila di tempat terbuka.

Budidaya

Tanaman diperbanyak menggunakan biji, diawali dengan menyemaikan benih.Setelah bibit mencapai tinggi 10-20 cm, dapat dipindahkan ke kebun.Panen dapat dilakukan mulai umur 1-2 tahun.Pemeliharaan meliputi penyiangan, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit.

Khasiat : Obat Diare,disentri, malaria, batuk darah ( TBC ), sifillis, berak darah, muntah darah, radang selaput lendir mata, tumor, tetanus, luka memar dan berdarah.

Cara Pemanfaatan :

Pada umumnya cara pemanfaatan kayu secang untuk pengobatan adalah dengan rebusan air dari kayu secang, dengan diminum, dibaluri dan dioleskan pada bagian tubuh yang bermasalah.


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.