Kapsul Akar Alang-alang (Griya An-Nur)

Farmasi-id.com > Jamu > Jamu Panas Dalam > Kapsul Akar Alang-alang (Griya An-Nur)

By | 10/11/2017

Komposisi

Tiap kapsul mengandung:

Imperata cylindrica herba 500 mg

Khasiat dan Kegunaan

Membantu meredakan gejala panas dalam.

Aturan Pakai

3 x 3 kapsul/hari.

Anjuran

Dapat diminum sebelum atau sesudah makan dan perbanyak minum air putih.

Penyimpanan

Simpan ditempat yang sejuk dan kering terhindar dari sinar Matahari langsung.

Kemasan dan Sediaan

Botol @ 50 kapsul

Izin BPOM

TR133369171

Harga

Rp 35.000

Produsen

CV Griya An Nur

Sekilas Tentang Imperata Cylindrica (Alang-alang)

Alang-alang merupakan tanaman yang tumbuh dengan sendirinya. Di Jawa tanaman ini tumbuh pada ketinggian sampai dengan 2700 m dpl, pada daerah-daerah terbuka atau setengah tertutup; rawa-rawa; pada tanah dengan aerasi yang baik; pada daerah-daerah yang habis dibuka; di tepi sungai; ekstensif pada hutan sekunder; daerah bekas terbakar; sebagai gulma di perladangan; taman dan perkebunan. Tumbuhan ini dapat mempengaruhi tanaman kultivasi lain, karena kebutuhan natrium yang relatif tinggi.

Bagian yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal pada alang yakni akar, rimpang, daun, dan bunganya. Setiap saat rimpang alang-alang diambil dari tumbuhan yang telah matang. Rimpang yang baik berwarna pucat, berasa manis dan sejuk. Alang-alang dapat menyebabkan penurunan pH tanah. Besarnya penurunan pH dan hambatan terhadap proses nitrifikasi menunjukkan adanya korelasi positif dengan pertumbuhan alang-alang. Bagian yang digunakan untuk obat medis adalah akarnya. Kenyataannya, akarnya dapat digunakan untuk menurunkan temperatur, melancarkan urin, menghentikan pendarahan, dan sebagai obat untuk pendarahan pada hidung, memuntahkan darah, gonorea (kencing nanah), hepatitis, infeksi ginjal.

Penelitian menemukan bahwa alang-alang mengandung mannitol, glukosa, asam malic, asam sitrat, coixol, arundoin, silindrin, fernerol, simiarenol, anemonin, esin, alkali, saponin, taninin, dan polifenol.

Sekilas tentang panas dalam

Panas dalam (bahasa Inggris: heatiness)adalah suatu keadaan dimana tubuh manusia mengalami panas yang berlebihan terutama di sistem pencernaan. Panas dalam bisa disebabkan oleh tidak seimbangnya makanan yang bersifat panas dan dingin.

Sebenarnya dalam dunia medis tidak dikenal istilah panas dalam, sehingga panas dalam itu nyatanya tidak ada. Hanya saja, banyak orang telanjur menganggap gejala yang timbul sebagai tanda "panas dalam". Karena ketika suhu tubuh penderita diukur, suhu tubuhnya normal. Hanya saja karena kebiasaan masyarakat menyebut panas dalam maka lahirlah istilah tersebut.

Penyebab

Panas dalam dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), memakan makanan yang bersifat panas dan berlemak seperti gorengan, atau bahkan karena cuaca panas. Gejala panas dalam dapat juga disebabkan oleh faktor lingkungan dan faktor emosional seperti stres. Stres menyebabkan jam makan jadi kacau, hormon tidak stabil & daya tahan tubuh menurun.

Menurut pengertian tradisional, panas dalam dapat disebabkan pula oleh tidak seimbangnya makanan yang bersifat "panas" dan "dingin". Contoh makanan yang bersifat "panas" antara lain makanan gorengan, lemak, daging, cabai, jahe, dan lainnya; Sedangkan sayur-mayur dan buah-buahan bersifat dingin.

Tanda dan gejala

Tanda dan gejala panas dalam pada setiap orang dapat berbeda-beda, tetapi gejala-gejala yang dapat terjadi adalah sebagai berikut:

  • Gangguan pada mulut seperti seriawan, bibir pecah-pecah, bau mulut.

  • Gangguan pencernaan seperti sembelit dan ambeien.

  • Gangguan tenggorokan seperti batuk, sakit tenggorokan, dan tenggorokan kering.

  • Tubuh terasa tidak fit seperti bersin-bersin dan badan meriang.


Pengobatan

Pengobatan sederhana dapat dilakukan antara lain:

  • Minum air putih secukupnya.

  • Mengkonsumsi sayuran yang kaya serat.

  • Mengkonsumsi suplemen vitamin C.

  • Menghindari makanan yang bersifat panas dan berlemak untuk sementara waktu.


Pengobatan herbal dapat dilakukan antara lain:

  • Kacang hijau. Caranya dengan rebus dua genggam kacang hijau dengan air, tambahkan dua ruas jahe dan gula batu secukupnya, minum dua kali sehari akan mengurangi gejala panas dalam.

  • Rambut jagung yang masih muda. Caranya dengan rebus segenggam rambut jagung dengan air , tambahkan sedikit jahe, dan gula batu, lalu disaring, minum airnya cukup sehari sekali saja, lakukan hingga sembuh.

  • Air kelapa hijau muda dengan madu. Caranya dengan mencampur satu buah air kelapa dengan tiga sendok makan madu dan minumlah sehari sekali secara perlahan.

  • Telur ayam kampung. Caranya dengan mencampur satu telur ayam kampung mentah dengan satu sendok madu dan sedikit sari kunyit, minum dengan sekali tegukan, dan istirahat secukupnya.