x-linked

penyakit yang diperoleh dari penurunan sifat resesif yang disertai oleh defek yang ada dalam kromosom X. Jika terjadi pada wanita, maka ia akan membawa situasi tersebut tanpa merasakan defek. Tetapi, ia akan menurunkannya pada anakanak laki-lakinya.

x-linked inheritance

penurunan sifat trait yang dimiliki gen pada kromosom X. Misalnya, seseorang yang mengidap hemofilia akan mewariskannya pada anak-anaknya.

x-linked recessive inheritance

cara menurunkan sifat di mana wanita yang lebih dominan membawa sifat tersebut, sedangkan pria hanya menunjukkan gejala saja.

X-ray

salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 pikometer (mirip dengan frekuensi dalam jangka 30 PHzto 60 EHz).

x-rays

pancaran elektromagnetik dengan ukuran gelombang pendek yang bisa masuk ke semua inti termasuk jaringan. Alat ini cakupan penggunaannya meliputi radiografi diagnostik dan radioterapi.

x-rays pelvimetry

gambaran radiologis panggul yang bisa diukur untuk menetapkan ukuran panggul.

Xantelasma

Kumpulan kolesetrol di bawah kulit dengan batas tegas berwarna kekuningan biasanya di sekitar mata.

Xanthan Gum

Polisakarida dengan bobot molekul tinggi hasil fermentasi karbohidrat oleh xanthomonas campestris yang dimurnikan, dikeringkan dan digiling untuk pemanfaatannya lebih lanjut.