w-plasty

teknik operasi plastik terutama digunakan untuk memperbaiki jaringan parut lurus yang membutuhkan redistribusi tegangan.

Wabah

Wabah seringkali identik dengan epidemi, umumnya mengacu pada penyebaran penyakit selama periode waktu yang singkat di daerah geografis yang terbatas tetapi dapat berlangsung untuk periode waktu yang lebih lama di beberapa negara jika penyakit itu tidak terkendali.

Wabah Bubonik

infeksi bakteri yang ditularkan ke manusia melalui gigitan kutu dari tikus yang terinfeksi. Gejalanya termasuk demam tinggi, menggigil, kelemahan, dan pembesaran kelenjar getah bening yang berubah menjadi hitam (maka dinamai juga “The Black Death”.). Wabah ini berasal dari China dan menyebar ke Asia Barat dan Eropa. Penyakit yang merusak ini membunuh 1/3 dari penduduk Eropa … Continue reading “Wabah Bubonik”

wajah bulan

wajah bundar akibat kelebihan hormon kortikosteroid endogen atau eksogen.

Waktu Paruh

Waktu paruh (t½): Pada manusia, adalah waktu yang dibutuhkan untuk setengah dari jumlah awal obat/ zat lain dihilangkan dari tubuh, atau bagi obat untuk mengurangi setengah konsentrasi aslinya dalam darah. Hilangnya obat dapat karena berubah menjadi zat lain atau dibuang melalui urin. Di lingkungan, adalah waktu yang dibutuhkan untuk setengah jumlah awal zat menghilang ketika … Continue reading “Waktu Paruh”

walker

kerangka yang terbuat dari pipa logam ringan terkadang dipakai dengan roda untuk pasien yang membutuhkan sokongan lebih untuk berjalan

wall

struktur pembatas suatu ruang¸ organ berongga atau massa definitif suatu bahan; permukaan luar yang kaku pada kuku kuda.

Wandering Abscess

Abses yang menyusup ke dalam jaringan dan akhirnya muncul di suatu tempat yang jauh dari tempat asalnya.

Warfarin

obat antikoagulan yang awalnya dikembangkan untuk mengobati tromboembolisme (lihat trombosis) dengan cara menghalangi metabolisme hati terhadap vitamin K sehingga menurunkan produksi faktor koagulasi. Terapi warfarin berisiko mengakibatkan perdarahan yang tak terkendali, baik secara spontan atau dari luka atau memar. Dalam konsentrasi tinggi, warfarin digunakan sebagai racun tikus, menyebabkan kematian karena perdarahan internal.