KA-EN 4B

Farmasi-id.com > Elektrolit > KA-EN 4B

Kandungan

Per L Na 30 meq, K 8 meq, Cl 28 meq, lactate 10 meq, glucose 37.5 g.

Indikasi

Suplai cairan & elektrolit utk bayi & anak <3 thn atau BB <15 kg.

Kontra Indikasi

Muatan natrium yg berlebihan, cedera hati berat, sindrom malabsorpsi glukosa-galaktosa, aritmia jantung, hiperkalemia, oliguria, penyakit Addison, luka bakar berat & azotemia.

Perhatian 

Gagal jantung kongestif, edema perifer & paru, ggn fungsi ginjal, pre-eklamsia, hipoproteinemia, status pasca-traumatik dini, sepsis berat, asidosis, berkurang output urin krn penyakit obstruksisaluran kemih, DM.

Efek Samping

Edema otak, paru, & perifer; intoksikasi cairan dpt terjadi pd pemberian infus yg berlebihan khususnya pd bayi baru lahir & neonatus; tromboflebitis.

Dosis

Dosis disesuaikan menurut kondisi, umur & BB pasien.

Izin BPOM, Kemasan dan Sediaan

  • DKL9218703349A1, Botol plastik @ 500 ml, infus
  • DKL9218703349A1, Botol plastik 1000 ml, infus

Produsen

PT Otsuka Indonesia

Sekilas Tentang Sodium Chloride (Natrium Chloride)

Sodium chloride atau garam atau dalam istilah kimia disebut dengan NaCl adalah suatu mineral dan nutrisi yang secara alami ada di alam dan dapat dijumpai pada buah-buahan, sayuran, dan sebagainya. Sodium chloride memiliki banyak manfaat seperti:


  1. Menyerap dan mentransportasikan nutrisi.

  2. Memelihara tekanan darah.

  3. Memelihara keseimbangan cairan tubuh.

  4. Membantu menjaga kesehatan saraf dalam mengirim sinyal.

  5. Menjaga kesehatan otot.

  6. mengurangi bakteri pada air liur.

Kekurangan sodium chloride dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti terganggunya keseimbangan hormon, muntah dan diare, penyakit ginjal, dan lain-lain.

Sekilas Tentang Potassium Chloride

Potassium chloride merupakan suatu mineral yang digunakan untuk terapi atau pencegahan rendahnya kadar potassium dalam darah. Potassium sangat penting untuk organ seperti jantung, ginjal, pembuluh darah, saraf, dan sistem pencernaan agar dapat melaksanakan fungsinya dengan baik karena sifat potassium yang bertindak sebagai elektrolit. Manfaat potassium chloride diantaranya adalah memperendah risiko stroke, menurunkan tekanan darah, mengatasi gangguan jantung dan ginjal, mengatasi gangguan mental seperti ansietas dan stress. Ia juga memperkuat otot, memperlancar metabolisme tubuh, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, dan memelihara kesehatan sistem saraf.

Kekurangan potassium dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan seperti mual, muntah, diare, gangguan ginjal, gangguan kelenjar adrenal, gangguan pencernaan, ketoasidosis diabetik.

Sumber: ikan salmon, daging ayam, susu, kacang almond, kentang, alpukat, pisang.

Sekilas tentang elektrolit

Elektrolit adalah mineral bermuatan listrik yang ada pada tubuh manusia. Elektrolit bisa ditemukan di dalam darah, keringat, air seni, dan cairan tubuh lainnya. Zat-zat yang disebut sebagai elektrolit, antara lain sodium, potasium, klorin, magnesium, kalsium, dan bikarbonat.

Elektrolit memiliki fungsi untuk menjaga cairan dalam tubuh, menjaga keasaman darah (pH), dan membantu kerja fungsi otot. Keseimbangan elektrolit didalam tubuh dapat membantu kerja otot, darah, dan fungsi tubuh yang lain. Eletrolit yang dibutuhkan tubuh adalah natrium, kalsium, kalium, klorida, fosfat, dan magnesium.

Kadar elektrolit dalam tubuh dapat berubah menjadi terlalu rendah atau terlalu tinggi. Hal ini disebabkan ketika terjadi perubahan jumlah cairan pada tubuh karena dehidrasi atau overhidrasi. Penyebab terjadinya perubahan cairan adalah karena obat-obatan, muntah, diare, berkeringat, atau masalah pada ginjal. Kadar elektrolit yang sering kali berubah adalah kadar natrium, kalium, atau kalsium.