JAMU TERLAMBAT BULAN SIDO MUNCUL

Farmasi-id.com > Herbal > Herbal Haid > JAMU TERLAMBAT BULAN SIDO MUNCUL

By | 02/06/2019

Komposisi

  • Aloe ferox (jadam) 0,7 g
  • Menthae arvensitis herba (poko) 0,7 g
  • Coriandri fructus (ketumbar) 0,7 g
  • Amomi fructus (kapulogo) 0,7 g
  • Messuae flos (nagasari) 0,7 g
  • Curcumae heynaena rhizoma (temu giring) 0,7 g
  • Imperatae rhizoma (alang-alang) 0,7 g
  • Alyxiae cortex (pulosari) 0,35 g
  • Rhei radix (klembax) 0,35 g
  • Woodfordia floribunda folium (sidowayah) 0,35 g
  • Coptici fructus (mungsi) 0,35 g
  • Curcumae domestica rhizoma (kunyit) 0,35 g
  • Parameriae cortex (kayu rapat) 0,35 g

Khasiat dan Kegunaan

Secara tradisional membantu melancarkan haid.

Perhatian

Tidak direkomendasikan untuk wanita hamil dan menyusui serta penderita gangguan ginjal.

Cara Pemakaian

2 x 1 bungkus sehari, berturut-turut selama 2-3 hari menjelang haid. 1 bungkus diseduh dengan 100 cc (± 1/2 gelas) air panas.

Penyimpanan

Simpan di tempat kering dan sejuk.

Kemasan dan Sediaan

Sachet @ 7 gr, serbuk

Izin BPOM

TR102216701

Harga

Rp 1.500/sachet @ 7 gr, serbuk

Produsen

PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul

Sekilas Tentang Imperata Cylindrica (Alang-alang)

Alang-alang merupakan tanaman yang tumbuh dengan sendirinya. Di Jawa tanaman ini tumbuh pada ketinggian sampai dengan 2700 m dpl, pada daerah-daerah terbuka atau setengah tertutup; rawa-rawa; pada tanah dengan aerasi yang baik; pada daerah-daerah yang habis dibuka; di tepi sungai; ekstensif pada hutan sekunder; daerah bekas terbakar; sebagai gulma di perladangan; taman dan perkebunan. Tumbuhan ini dapat mempengaruhi tanaman kultivasi lain, karena kebutuhan natrium yang relatif tinggi.

Bagian yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal pada alang yakni akar, rimpang, daun, dan bunganya. Setiap saat rimpang alang-alang diambil dari tumbuhan yang telah matang. Rimpang yang baik berwarna pucat, berasa manis dan sejuk. Alang-alang dapat menyebabkan penurunan pH tanah. Besarnya penurunan pH dan hambatan terhadap proses nitrifikasi menunjukkan adanya korelasi positif dengan pertumbuhan alang-alang. Bagian yang digunakan untuk obat medis adalah akarnya. Kenyataannya, akarnya dapat digunakan untuk menurunkan temperatur, melancarkan urin, menghentikan pendarahan, dan sebagai obat untuk pendarahan pada hidung, memuntahkan darah, gonorea (kencing nanah), hepatitis, infeksi ginjal.

Penelitian menemukan bahwa alang-alang mengandung mannitol, glukosa, asam malic, asam sitrat, coixol, arundoin, silindrin, fernerol, simiarenol, anemonin, esin, alkali, saponin, taninin, dan polifenol.

Sekilas Tentang Curcuma Domestica (Kunyit)

Kunyit (curcuma domestica) merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh di ladang dan di hutan, terutama di hutan jati. Banyak juga ditanam di perkarangan. dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 2000 m dpl. Tanaman herba tahunan ini menghasilkan umbi utama berbentuk rimpang berwarna kuning tua atau jingga terang dan bagian rimpang inilah yang banyak dijadikan obat.

Khasiatnya antara lain sebagai kholagog, stomakik, antispasmodik, anti inflamasi, anti bakteria, dan kholeretik. Kunyit biasa dipakai untuk menyembuhkan luka dan kurap, mencret, nyeri haid, dan sakit perut.

Sekilas tentang haid/menstruasi

Haid, menstruasi atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.