Intunal

By | Juli 19, 2021 |

INTUNAL® SIRUP, KAPLET
INTUNAL FORTE® TABLET

>

  • Tidak boleh diberikan pada penderita yang peka terhadap obat simpatomimetik lain (misal ephedrin, pseudoephedrin, phenilephrin), penderita tekanan darah tinggi berat dan yang mendapat terapi obat anti depresan tipe penghambat Monoamin Oxidase (MAO)
  • Tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan
  • Hati-hati penggunaan pada penderita tekanan darah tinggi atau yang mempunyai potensi tekanan darah tinggi atau stroke, seperti pada penderita dengan berat badan berlebih (over weight) atau penderita usia lanjut
  • Bila dalam 3 hari gejala flu tidak berkurang segera hubungi dokter atau unit pelayanan kesehatan
  • Hentikan penggunaan obat ini jika terjadi susah tidur, jantung berdebar dan pusing

KOMPOSISI:
Tiap 5 ml INTUNAL® sirup mengandung:

Paracetamol

125

mg

Phenylpropanolamine HCl

3,5

mg

Dexchlorpheniramine Maleat

0,5

mg

Dextrometorphan HBr

3,5

mg

Glyceryl guaiacolate

50

mg

Tiap INTUNAL® kaplet mengandung,

Paracetamol

300

mg

Phenylpropanolamine HCl

12,5

mg

Dexchlorpheniramine Maleat

1

mg

Dextrometorphan HBr

10

mg

Glyceryl guaiacolate

50

mg

Tiap INTUNAL® – Forte tablet mengandung,

Paracetamol

500

mg

Phenylpropanolamine HCl

15

mg

Dexchlorpheniramine Maleat

2

mg

Dextrometorphan HBr

15

mg

Glyceryl guaiacolate

50

mg

CARA KERJA OBAT:
Bekerja sebagai analgesik-antipiretik, ekspektoran, antihistamin, antitusif dan dekongestan hidung.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Intunal

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Intunal adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

:.
Untuk meringankan gejala-gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk.

Kontraindikasi Intunal

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Intunal dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

:
  • Lihat Box Warning
  • Penderita dengan gangguan jantung dan diabetes mellitus
  • Penderita dengan gangguan fungsi hati yang berat
  • Penderita yang hipersensitif terhadap komponen obat ini

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Intunal Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan , yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Intunal?

Jika Anda lupa menggunakan Intunal, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Intunal Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Intunal?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Intunal yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Efek Samping Intunal

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Intunal yang mungkin terjadi adalah:

:
  • Mengantuk, gangguan pencernaan, gangguan psikomotor, takikardia, aritmia, mulut kering, palpitasi, retensi urin
  • Penggunaan dosis besar dan jangka penjang menyebabkan kerusakan hati

Peringatan Penggunaan Intunal

:
  • Lihat Box Warning
  • Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat, hipertiroid dan retensi urin
  • Tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah 6 tahun, wanita hamil dan menyusui, kecuali atas petunjuk dokter
  • Selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin
  • Hati-hati penggunaan bersamaan dengan obat-obat yang menekan susunan saraf pusat
  • Penggunaan pada penderita yang mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kerusakan hati
  • Hati-hati untuk penderita debil dan hipoksia (kekurangan oksigen)
  • Dapat menyebabkan depresi pernafasan dan susunan saraf pusat pada penggunaan dengan dosis besar atau pada pasien dengan gangguan fungsi pernafasan (misal asma, emfisema)

Interaksi Obat Intunal

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Intunal antara lain:

:
Penggunaan bersama antidepresan tipe penghambat MAO dapat mengakibatkan krisis hipertensi.

ATURAN PAKAI:
Dewasa:
1 kaplet 3 kali sehari
1 tablet 3 kali sehari
4 sendok takar (20 ml) 3 kali sehari

Anak-anak 6 – 12 tahun:
1/2 kaplet 3 kali sehari
1/2 tablet 3 kali sehari
2 sendok takar (10 ml) 3 kali sehari

Izin, Kemasan & Sediaan Intunal

:
INTUNAL® Sirup
Botol, isi 60 ml No. Reg. : DTL 8915607237 Al
INTUNAL® kaplet
Dus @ isi 25 catch cover @ 4 kaplet No. Reg. : DTL 7815602904 Al
INTUNAL® Forte tablet
Dus @ isi 25 catch cover @ 4 tablet No. Reg.: DTL 7815615410 Al

Simpan pada suhu kamar (25 – 30)° C, kering terlindung dari cahaya

p.t. meprofarm
BANDUNG – INDONESIA

Meprofarm adalah suatu perusahaan farmasi Indonesia yang didirikan pada 1973 oleh Wanne Mardiwidyo. Awalnya perusahaan ini memasarkan obat generik yang pada waktu itu masih diproduksi secara maklon atau dikerjakan oleh pihak lain di ITB (Institut Teknologi Bandung).

Tahun 1993 Meprofarm mulai membangun fasilitas produksi yang dinamakan Mepro-1 di Bandung dengan tujuan untuk memperbesar skala produksi dan mendapatkan sertifikat CPOB dari Kementrian Kesehatan. Fasilitas Mepro-1 digunakan untuk produksi, riset and development, gudang, marketing, dan keuangan perusahaan. Di lokasi tersebut diproduksi produk sefalosporin steril dan non-steril. Tahun 1996 meprofarm berhasil mendapatkan sertifikat CPOB untuk produk farmasi dengan sediaan tablet, kapsul, sirup cair dan kering, dan krim, dua tahun kemudian berhasil memperoleh sertifikat CPOB untuk produk sefalosporin dengan sediaan serbuk steril, tablet, dan sirup kering.

Pada tahun 2006, perusahaan ini mulai membangun fasilitas produksi Mepro-2 yang lokasinya persis dibelakang Mepro-1. Fasilitas baru ini ditujukan untuk memproduksi produk farmasi dengan sediaan cairan steril meliputi cairan injeksi, sirup cair, supositoria, krim, dan sirup kering. Selain itu fasilitas ini juga digunakan untuk riset and development. Oleh karenanya pada 2008, Meprofarm berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001 dan ISO 14001 dan pada 2011 seiring dengan telah diperolehnya sertifikat CPOB pada fasilitas Mepro-2, maka dimulailah produksi perdana di fasilitas ini.

Beberapa perusahaan farmasi lainnya yang telah menjalin kerjasama dengan Meprofarm antara lain PT Tanabe Indonesia, PT Astellas, PT Dexa Medica, PT Holi Pharma, PT Otto Pharmaceutical, dan sebagainya.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *