Ini Dia 7 Buah Berkhasiat Obat

By | Mei 24, 2022 |

Ini Dia 7 Buah Berkhasiat Obat

Tahukah Anda yang dimaksud buah berkhasiat obat ? Pada dasarnya, buah berkhasiat obat adalah buah dari tumbuhan, atau tanaman yang memiliki manfaat dan efek menjaga dan meningkatkan status kesehatan, atau bahkan  menyembuhkan beberapa penyakit atau penyakit tertentu. Pada umumnya semua jenis buah yang dapat dikomsumsi memiliki manfaat terhadap kesehatan, seperti buah pisang, jeruk, pir dan lain-lain. Hanya saja buah-buah yang dimaksud disini bukan buah-buah segar yang bisa langsung di komsumsi seperti buah-buahan pada umumnya. Lalu buah yang seperti apa ya ? kita intip yuk !

Cabe/Cabai

Siapa yang tidak kenal dengan Si Raja Pedas satu ini, cabe sangat digemari oleh para pencinta masakan pedas. namun ternyata cabai, khususnya cabai kering yang telah dilumatkan merupakan bahan campuran obat gosok lho, biasanya untuk obat rematik, pegal-pegal, dan mencegah masuk angin. Senyawa kimia dari cabai seperti Vitamin C, koprin, akpsorukin, zeasantin, lutrin, karoten, koiptosantin yang memiliki efek obat.

Merica

Merica dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia terutama di Sumatera, Jawa, dan Ujung Pandang. Senyawa kimia merica terdiri dari zat penyamak, glukosida bunkamarin, dan minyak lemak. Buah merica sangat baik untuk mengobati penyakit saluran pencernaan seperti disentri, dan sebagai hemostatika ( anti perdarahan ) yang digunakan dengan dosis antara 3 – 12 buah.

Kapulaga

Tanaman ini banyak di jumpai di Pulau Jawa, biasanya digunakan sebagai bumbu dan pewangi, kapulaga juga banyak digunakan sebagai bahan racikan obat tradisional. Zat yang terkandung di dalam buah kapulaga diantaranya sineol, minyak atsiri, terpinol, abu atsiri, gula, lemak, pati, si;ilat dan zat putih telur.

Ketumbar

Tanaman ini banyak tumbuh dan dijumpai di sekitaran pulau Sumatera, Jawa, Lombok, Bali dan di Sulawesi. Senyawa kimia yang terdapat pada ketumbar seperti minyak atsiri, minyak lemak, dan abu yang memiliki khasiat sebagai obat karmonativa dengan dosis penggunaan sekitar 0,2 – 1 gram. Pada umumnya penduduk menggunakannya sebagai bumbu penyedap makanan atau masakan.

Lada Hitam & Lada Putih

Lada Hitam – Biasanya lada hitam berasa lebih pedas jika dibandingkan dengan lada putih, zat yang terdapat pada lada hitam antara lain : khavisin, minyak atsiri, lemak dan piperin. Buah lada hitam biasa digunakan sebagai obat karminativa dengan dosis pemakaian 300 – 600 gram.
Lada Putih – minyak atsiri merupakan zat yang terdapat dalam lada putih, dan memiliki khasiat yang sama dengan lada hitam, yaknis sebagai obat karminativa.

Kemukus

Kemukus banyak di jumpai di pulau Jawa, sulawesi dan kalimantan. Buah kemukus kaya akan zat kubebin, minyak atsiri, zat pahit, asam kubebe, damar kubebe dan abu. Buah kemukus banyak dimanfaatkan sebagai obat pada selaput lendir setelah dilarutkan hingga halus dengan dosis pemakaian 0,5 – 4 gram.


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.