Infeksi Jamur Kulit

By | Mei 5, 2021 | Farmasi-id.com > Health > Infeksi Jamur Kulit

Pada manusia jamur dapat tumbuh pada bayi sampai orang dewasa, dibagian tubuh mana saja dari kaki sampai kepala. Jamur dapat tumbuh dikulit yang lembab, misalnya ketiak, lipatan kulit, dibawah lipatan payudar4, lipatan bokong, selangkangan, sela jari kaki. Bagian-bagian tersebut selain lembab sering tidak kering setiap kali habis mandi.

Infeksi Jamur Kulit

Infeksi jamur kulit bukan hal yang sulit untuk disembuhkan . masalahnya, kadang kita salah mengobati . gatal-gatal dikulit dianggap alergi, sehingga diobati dengan obat alergi. Padahal, bisa jadi ituadalah infeksi jamur. Karena pengobatan yang tidak tepat dan sembarangan, infeksi jadi sulit sembuh.

Infeksi jamur harus diobati sampai tuntas. Bisa menggunakan obat topikal yang dioleskan  langsung pada kulit, salep, serbuk, sampulo atau spray, dan bisa dikombinasikan dengan obat yang diminum, terkadang antibiotik diperlukan jika terjadi infeksi oleh bakteri.
Krim kortikosteroid sering digunakan untuk membantu menghilangkan rasa gatal dan sakit, pada beberapa hari pertama.

Lamanya pengobatan infeksi jamur tergantung tingkat keparahannya, biasanya krim dioleskan 1-2 kali sehari selama 7-10 hari sampai bercak-bercak atau ruam hilang untuk memastikan jamur tidak kembali menginfeksi.

Umumnya infeksi kurap adalah ringan kecuali pada kulit kepala dan kuku dapat menggunakan krim anti jamur. Untuk infeksi kulit dan kuku yang lebih serius dan membandel dokter biasa meresepkan krim yang mengandung itraconazole, terbinafine, atau Griseofulvin.
Kalau jamur kuku ditangan pengobatannya bisa sampai 2 bulan, kalau dikaki bisa lebih lama sampai kuku baru yang sehat terbentuk.

Penyakit kurap di kulit kepala akan membentuk ketombe. Ketombe ringan bisa diatasi dengan sampulo anti ketombe. Namun pada kulit kepala yang gampulang berketombe  selain dengan sampulo perlu pengobatan tambahan. Untuk lebih jelasnya bisa konsultasikan ke dokter.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Infeksi Jamur Kulit di blog INFORMASI OBAT-OBATAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :



Suka artikel ini? Bagikan :

Powered by Farmasi-id.com

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Category: Health Produsen, komposisi, dan klasifikasi Infeksi Jamur Kulit: